Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Syarboini Syarboini Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Mutu, Lembaga Penddikan

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka kita harus  memperhatikan mengenai beberapa komponen yang dapat mempengaruhi  pembelajaran, Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:, Siswa  dan Guru, Kurikulum, Sarana dan prasarana pendidikan, Pengelolaan  sekolah, meliputi pengelolaan kelas, guru, siswa, sarana dan prasarana,  peningkatan tata tertib dan kepemimpinan, Pengelolaan proses  pembelajaran, meliputi penampilan guru, penguasaan materi, serta  penggunaan strategi pembelajaran, Pengelolaan dana dan Evaluasi Guru  merupakan salah satu komponen yang memegang peranan yang sangat  penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena itu kualitas seorang guru  khususnya para guru pendidikan agama islam tersebut harus ditingkatkan.  Sumber daya manusia Indonesia masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan  oleh pendidikan nasional yang kurang memenuhi standar.

References

Undang-Undang SISDIKNAS Bab II Pasal 3, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2003

Sanusi Uwes, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1999

Tony Bush dan Mariannecoleman, Leadership dan Strategic Management InEducation Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCISOD, 2006

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2006

Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2005

Imam Tholhah dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Tradisi Integrasi Keilmuan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo,2003

Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada,2009

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2008

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya,2005

Abdul Ranchman Shaleh, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi, Dan Aksi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2004

Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Implementasi Konsep, Karakteristik Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jogjakarta: Teras,2007

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya,2008

Sudarwan Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2006

Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Mutiara, 1984 Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Depag, 1989

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Syarboini, S. (2021). Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam . Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 6(1), 67–85. Retrieved from https://jurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/article/view/2990