Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Mutu, Lembaga PenddikanAbstract
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka kita harus memperhatikan mengenai beberapa komponen yang dapat mempengaruhi pembelajaran, Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:, Siswa dan Guru, Kurikulum, Sarana dan prasarana pendidikan, Pengelolaan sekolah, meliputi pengelolaan kelas, guru, siswa, sarana dan prasarana, peningkatan tata tertib dan kepemimpinan, Pengelolaan proses pembelajaran, meliputi penampilan guru, penguasaan materi, serta penggunaan strategi pembelajaran, Pengelolaan dana dan Evaluasi Guru merupakan salah satu komponen yang memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena itu kualitas seorang guru khususnya para guru pendidikan agama islam tersebut harus ditingkatkan. Sumber daya manusia Indonesia masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan oleh pendidikan nasional yang kurang memenuhi standar.
References
Undang-Undang SISDIKNAS Bab II Pasal 3, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Sanusi Uwes, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1999
Tony Bush dan Mariannecoleman, Leadership dan Strategic Management InEducation Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCISOD, 2006
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2006
Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2005
Imam Tholhah dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Tradisi Integrasi Keilmuan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo,2003
Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada,2009
Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2008
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya,2005
Abdul Ranchman Shaleh, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi, Dan Aksi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2004
Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Implementasi Konsep, Karakteristik Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jogjakarta: Teras,2007
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya,2008
Sudarwan Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2006
Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Mutiara, 1984 Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Depag, 1989
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syarboini Syarboini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.