Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru

Authors

  • Nurmayuli Nurmayuli Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Banda Aceh

Keywords:

Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Guru

Abstract

Guru kehadirannya untuk membina dan melahirkan generasi yang  memiliki produktifitas dalam kehidupan diera globalisasi untuk menjawab  tantangan dunia baik dalam segi agama ataupun lingkungan sosial. Kompetensi guru yang rendah tentu mempengaruhi kualitas peserta didik.  Rendahnya kualitas peserta didik tentunya akan mempengaruhi Sumber  Daya Manusia (SDM) yang rendah yang sangat membahayakan daya saing  kita didunia international. Salah satu kompetensi yang sangat penting  dimiliki guru ialah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik  merupakan kompetensi yang sangat berpengaruh terhadap hsil belajar  siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap tujuan sekolah atau lebih  luasnya ialah tujuan pendidikan bangsa. Adapun untuk meningkatkan  kompetensi pedagogik ialah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  kompetensi pedagogik guru yang meliputi tingkat pendidikan, pengalaman  mengajar, pengalaman pelatihan, motivasi, sarana dan prasarana, dan  supervisi kepala sekolah.

References

Agung, Iskandar, Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012.

Antonius, Buku Pedoman Guru, (Bandung: Yrama Widya, 2015)

Aguslani dan Rudi, Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

Diat Prasojo, Lantip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)

Harini, Sri, Faktor-Faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri Se-Salatiga, Tesis, (Surakarta: PPS Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2006).

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)

Munah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta: Kalimedia, 2017.

Nurmayuli, Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe, jurnal Al-Mabhats. (Lhokseumawe: LPPM IAIN Lhokseumawe, 2019), volume 4 nomor 1.

Nurwahida, Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone, Jurnal Biotek, (Makasar: Universitas Indonesia Timur Makassar, 2017)

Agung, Iskandar, Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012.

Antonius, Buku Pedoman Guru, (Bandung: Yrama Widya, 2015)

Aguslani dan Rudi, Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

Diat Prasojo, Lantip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)

Harini, Sri, Faktor-Faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri Se-Salatiga, Tesis, (Surakarta: PPS Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2006).

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)

Munah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta: Kalimedia, 2017.

Nurmayuli, Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe, jurnal Al-Mabhats. (Lhokseumawe: LPPM IAIN Lhokseumawe, 2019), volume 4 nomor 1.

Nurwahida, Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone, Jurnal Biotek, (Makasar: Universitas Indonesia Timur Makassar, 2017)

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Nurmayuli, N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 5(1), 77–104. Retrieved from https://jurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/article/view/3007