Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru
Keywords:
Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi GuruAbstract
Guru kehadirannya untuk membina dan melahirkan generasi yang memiliki produktifitas dalam kehidupan diera globalisasi untuk menjawab tantangan dunia baik dalam segi agama ataupun lingkungan sosial. Kompetensi guru yang rendah tentu mempengaruhi kualitas peserta didik. Rendahnya kualitas peserta didik tentunya akan mempengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah yang sangat membahayakan daya saing kita didunia international. Salah satu kompetensi yang sangat penting dimiliki guru ialah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang sangat berpengaruh terhadap hsil belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap tujuan sekolah atau lebih luasnya ialah tujuan pendidikan bangsa. Adapun untuk meningkatkan kompetensi pedagogik ialah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru yang meliputi tingkat pendidikan, pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan, motivasi, sarana dan prasarana, dan supervisi kepala sekolah.
References
Agung, Iskandar, Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012.
Antonius, Buku Pedoman Guru, (Bandung: Yrama Widya, 2015)
Aguslani dan Rudi, Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Diat Prasojo, Lantip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2015.
Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
Harini, Sri, Faktor-Faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri Se-Salatiga, Tesis, (Surakarta: PPS Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2006).
Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
Munah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta: Kalimedia, 2017.
Nurmayuli, Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe, jurnal Al-Mabhats. (Lhokseumawe: LPPM IAIN Lhokseumawe, 2019), volume 4 nomor 1.
Nurwahida, Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone, Jurnal Biotek, (Makasar: Universitas Indonesia Timur Makassar, 2017)
Agung, Iskandar, Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012.
Antonius, Buku Pedoman Guru, (Bandung: Yrama Widya, 2015)
Aguslani dan Rudi, Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Diat Prasojo, Lantip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2015.
Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
Harini, Sri, Faktor-Faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri Se-Salatiga, Tesis, (Surakarta: PPS Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2006).
Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
Munah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta: Kalimedia, 2017.
Nurmayuli, Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe, jurnal Al-Mabhats. (Lhokseumawe: LPPM IAIN Lhokseumawe, 2019), volume 4 nomor 1.
Nurwahida, Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone, Jurnal Biotek, (Makasar: Universitas Indonesia Timur Makassar, 2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nurmayuli Nurmayuli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.