Pola Komunikasi Publikasi Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Aktif Kerja
DOI:
https://doi.org/10.47766/jcii.v1i2.1254Keywords:
Pola Komunikasi, Publikasi, Minat Mahasiswa Aktif Kerja.Abstract
Jurnal ini berjudul, Pola Komunikasi Publikasi Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Aktif Kerja. Dengan tujuan: (1) untuk mendiskripsikan pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa aktif kerja, (2) untuk mengetahui hambatan yang dialami Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa Pascasarjana, (3) untuk mengetahui efektifitas pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe terhadap minat mahasiswa pascasarjana. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe untuk menarik minat mahasiswa aktif kerja, yaitu dengan pola tatap muka yang dilakukan secara langsung di 8 kabupaten/kota di Aceh, dan melalui media, seperti bilbord/baliho, spanduk, ex-benner, brosur disebarkan dan pola bermedia juga dijalankan seperti website, facebook, instagram, grup-grup whatsapp, sedangkan media massa melalui Koran serambi Indonesia, dan RRI Lhokseumawe (2) hambatan yang dialami pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa pascasarjana, untuk di internal Pascasarjana saat ini tidak terkendala, dalam melakukan sosialisasi, hanya saja kendalanya ketika turun ke lapangan terkadang sudah duluan kampus lain yang turun ke lokasi yang sudah ditargetkan, mahasiswa yang ingin mendaftar tidak diberikan izin oleh atasannya, selain itu tidak bisa membuka kelas jauh. (3) efektifitas pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe terhadap minat mahasiswa Pascasarjana, yaitu upaya komunikasi yang dilakukan sudah sangat efektif, hal tersebut diukur dengan pola komunikasi yang dijalankan melalui tatap muka maupun media keduanya efektif, adapun informasi yang hendak disampaikan telah secara efektif merubah sikap dan meningkatkan minat calon mahasiswa, selain itu penggunaan media berjalan juga dengan efektif, sedangkan pola komunikasi dilakukan dalam bentuk tatap muka (dua arah) hanya untuk bersilaturrahmi dengan pemerintah daerah atau instansi lainnya untuk penguatan-penguatan saja, namun ada juga diskusi ringan sebagai pola komunikasi banyak arah.
References
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosda karya, 2015.
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015
Engkoswara, Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Veithzal Rivai, Kiat Memimpin Dalam Abad ke-21, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Majid Wajdi, Pola Komunikasi Masyarakat Hierarkis, Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2021
Onong Uchjana Effendy, Dinamika Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosidakarya, 1993)
https://pasca.iainlhokseumawe.ac.id/profil-visi-misi, diakses pada tanggla 10 September 2021.
https://pasca.iainlhokseumawe.ac.id/profil-visi-misi/, diakses pada tanggal 10 September 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Contemporary Indonesian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.