Implementasi Penilaian HOTS dan Media Pembelajaran pada Mata Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Di MAS Azzanjabil Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.2514Keywords:
implementasi, penilaian HOTS, media pembelajaran, al-Qur’an hadis.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru al-Qur’an hadis dalam penilaian HOTS dan penggunaan media pembelajaran di MAS az-Zanjabil Bireun. Metode yang peneliti digunakan kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru al-Qur’an Hadis di MAS az-Zanjabil terhadap penilaian HOTS dan penggunaan media pembelajaran sudah sangat baik. Guru sudah memahami cara penilaian HOTS dan juga sudah mengembangkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Namun, guru perlu terus diberikan motivasi dan semangat agar kegiatan penilaian secara HOTS terus dilakukan secara berkesinambungan.
References
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.
Bambang Prasetnyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Rosdakarya, 2016
Hamzah dan Nisa Lamatenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Hasil wawancara dengan guru al-Qur’an hadis kelas X, pada tanggal 25 Desember 2023, pukul 22:15 WIB
Hasil wawancara dengan guru al-Qur’an hadis kelas XI, XII, pada tanggal 26 Desember 2023, pukul 11:25 WIB
Hasil wawancara dengan wakakurikulum, pada tanggal 26 Desember 2023, pukul 13:00 WIB.
Priyadi, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016
Rurisfiani, A., Ramly, R., & Sultan, S. (2019). Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D Edisi Revisi, Bandung:Alfabeta, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.