Dampak Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Anak
Studi Kasus di Gampong Meunasah Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.2592Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Perilaku AnakAbstract
Perilaku merupakan cara seseorang bertindak sebagai reaksi dari sifat dan keadaan yang dialami. Perilaku anak tergantung pada bagaimana cara orang tua memberi asuhan dalam kehidupan sehari-harinya. Dampak dari asuhan orang tua akan menentukan perilaku yang dihasilkan oleh sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap perilaku anak di Gampong Meunasah Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sementara itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan orang tua dalam mendidik, membina dan membimbing anak-anaknya meliputi otoriter, demokratis, permissif dan penelantar. Namun, orang tua lebih dominan menggunakan pola asuh permisif dan penelantar. Dampak yang terjadi dari pola asuh yang digunakan orang tua terhadap perilaku anaknya di Gampong Meunasah Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara adalah menjadi pemberontak, pemarah, pemalas, susah menerima nasehat dan sebagian masih bisa dibina dan dibimbing.
References
Ahmad Rosyadi, (2013), Pendidikan Islam dalam Pembentukan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dadan Suryana & Riri Sakti, (2022), “Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479-4492.
Dedy Siswanto, (2020), Anak di Persimpangan Perceraian (Menilik Pola Asuh Anak Korban Perceraian), Surabaya: Airlangga University Press.
Diki Gustian, at el., (2018), “Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim dengan Ibu Pekerja Pabrik”, Ta`dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 370-385.
Diyah Mayarisa & Aulia Urrahmah, “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Anak”, Jurnal Fitra, 4(1), 63-70.
Forma Widya Saputra & Muhammad Turhan Yani, (2020), “Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak”, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 08(03), 1037-1051.
Hasanah N & Sugito S, (2020), “Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Hayati Nufus & La Adu, (2020), Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak, Ambon: LP2M IAIN.
Istina Rakhmawati, (2015), “Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak”, Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islami, 6(1), 1-18.
Kustiah Sunarty, (2015), Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak, Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Lau Han Sein & Mohamad Salik, (2022), “Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga
Menurut Quraish Shihah dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi”, DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 49-65.
Matthew B. Milles & A. Michail Huberman, (1986), Qualitative Data Analysis Sourcebook of Ne Methods, Bavery Hills: Sage Publication.
Miftahul Huda, dkk, (2008), Nalar Pendidikan Anak, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mohammad Adnan, (2018), “Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak dalam Pendidikan Islam”, Cendikia: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 66-81.
Mohammed Roeslin, (2018), “Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak”, 9(2).
Muallifah, (2009), Psychi Islamic Parenting, Jogjakarta: Diva Press.
Nurainiah, dkk,. (2023), “Pola Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 67-78.
Qurrota Ayun, (2017), “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak”, ThufuLA, 5(1), 102-122.
Rabiatul Adawiyah, (2017), “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.
Rifka Agustianti, et al., (2022), Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Makasar: CV. Tohar Media.
S. Lestari & Ngatini, (2010), Pendidikan Islam Kontekstual, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soenarjati, et al., (2001), Kriminologi dan Kenakalan Remaja, Jakarta: Universitas Terbuka.
Suharsimi Arikunto, (2010), Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Syahrul & Nurhafizah, “Analisis Pola Asuh Demokratis Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518.
Syaiful Bahri Djamarah, (2014), Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga; Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak.
Mona Yulia Zulfa, (2019), “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”, Mau`izhah, IX(1), 75-96.
Singgih DG & Yulia Singgih DG, (2004), Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia.
Wellina Sebayang, dkk., (2018), Perilaku Seksual Remaja, Yogyakarta: Deepublish.
Siska Fitri Yati, (2017), “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur”, Jurnal JOM FISIP, 4(1), 1-12.
Abdul Azis, (2018), “Pembentukan Perilaku Keagamaan Anak”, JPIK, 1(1), 197-234.
Hendro Puspito, (2001), Sosiologi Agama, Yogyakarta: Kanisius.
Jamaluddin Kafi, (1993), Psikologi Dakwah, Jakarta: Depag.
Abdul Azis Ahyadi, (1991), Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Sinar Baru.
Herri Zan Pieter & Namora Lumongga Lubis, (2010), Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan, Edisi Revisi, Jakarta: Kencana.
Fadhilah Suralaga, (2021), Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran, Cet. I, Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Nurussakinah Daulay, (2014), Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Quran tentang Psikologi, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Isnainia Solicha dan Na`imah, (2020), “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini”, Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197-207.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.