NILAI-NILAI KOMUNIKASI ISLAMI YANG DITERAPKAN PEMERINTAH UNTUK PEMASARAN WISATA HALAL DI ACEH

Authors

  • Muhammad Saleh Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v4i2.1648

Keywords:

KOMUNIKASI ISLAMI, PEMERINTAH, WISATA HALAL, ACEH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi mana yang harus digunakan untuk mempromosikan wisata halal di Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata Halal (Halal tourism) di Aceh tidak hanya berdasarkan destinasi wisata, tetapi juga pada fitur budaya, wisata alam, kuliner, masyarakat. bahwa mereka memiliki keramahan untuk Potensi wisata ini didukung oleh lainnya seperti adanya Qanun Pariwisata, Qanun Nomor 8 tentang Pariwisata tahun 2013, dan adanya berbagai kegiatan yang menyelenggarakan event-event lokal, nasional dan internasional tentang Halal yang berpotensi lebih kuat dan terorganisir dengan baik. pariwisata Aceh. Strategi pemasaran wisata halal (halal tourism) di Aceh terdiri dari tiga program: Konsep pemasaran berdasarkan tujuan, asal dan waktu. b. Strategi promosi ada dalam branding, periklanan, dan penjualan. Upaya memberikan Aceh award dan meningkatkan exposure merupakan strategi branding. Hal ini berdampak besar bagi penduduk setempat. C. Strategi media melalui promotor, media sosial, dan media umum. Agar iklan dapat mencapai sasaran, penyampaian informasi menjadi sangat penting. Sekali lagi, strategi ini biasanya diterapkan secara bersamaan di berbagai wilayah dan negara promosi selama periode penjualan. Pemasaran pariwisata halal disisipkan ketika pemerintah ikut serta dalam pameran pariwisata di luar negeri.

References

A.Fitria dan Imam Hidayat. (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran,Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Aceh Portal.com.(2021) Aceh ditetapkan sebagai Destinasi WisataHalal, Disbudpar Luncurkan Brand Wisata Halal.https://www.acehportal.com/news/aceh-ditetapkan-sebagai-destinasi-wisata-halal-disbudpar-luncurkan-brand-wisata-halal/index.html,

Allard C.R Van Riel Monroe. (2005). etal. Marketing Antecedentof Industrial Brand Equity: An Empirical Investigationin Specialty Chemical. Industrial Marketing Management.

Baker and Sinkula. (2010) Product Innovation Management. (USA: Journal of Market-Focused Management Baker and Sinkula. Product Innovation Management. (USA: Journal of Market-Focused Management.

BPS Aceh dalam Angka (2018) Banda Aceh: BPS.

G.Kovjanic. (2015) Islamic Touris masa Factor of the Middle East. Turizam.

H.Hamdan, Issa, ZM., Abu, N, dan Jusoff, K. (2013). Purchasing Decision samong MuslimConsumersof Processed Halal Food Products. Journal of Food Products Marketing.

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/17/11/17/ozg9yw-ekonomi-syariah-seharusnya-sudah-hidup.

J. Lexy Moleong. (2006) Metode Penelitian Kualitatif: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementrian Pariwisata. (2015). Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Syariah. Jakarta: Kementerian Pariwisata.

L. Munirah, & Ismail, H. N. Muslim. (2012) Tourists’ Typologi in Malaysia: Perspectives and Challenges.Proceedings of the Tourism and Hospitality International Conference. (Malaysia: Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Built Environment.

M.Nur, Rianto. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: ALFABETA.

Philip Kotler & G.Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi12, Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler dan G. Amstrong. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta; Erlangga.

Philip Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran Marketing Management (Edisi13).USA: Pearson Prentice Hall.

Schiffman dan Kanuk.(2001). Riset Perilaku Konsumen. (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Sofyan Assauri. (2007) Manajemen Pemasaran, (Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.(2014) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ujang Saefullah. (2007). Kapita Selekta Komuniaksi Pendekatan budaya dan agama. Bandung; Simbiosa Rekatama Media.

Z. Samori, MdSalleh, NZ, dan Khalid, MM. (2016).Current Trendson Halal Tourism: Caseson Selected Asian Countries. Tourism Management Perspective.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Saleh, M. (2022). NILAI-NILAI KOMUNIKASI ISLAMI YANG DITERAPKAN PEMERINTAH UNTUK PEMASARAN WISATA HALAL DI ACEH. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 4(2), 143–164. https://doi.org/10.47766/atjis.v4i2.1648

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.