Internalisasi Nilai - Nilai Akhlak Melalui Pentas Drama di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar
Main Article Content
Abstrak
Internalisasi nilai-nilai akhlak bagi siswa sekolah dasar merupakan langkah yang sangat penting dalam melahirkan siswa yang memiliki akhlak yang baik. Internalisasi dalam bidang ini masih mengalami banyak kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas dramadi MIS Al-Istiqamah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh dari observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru drama. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas drama dilaksanakan secara terstruktur dengan tujuan membentuk akhlak terpuji pada siswa. Internalisasi nilai melibatkan tahapan yang disusun melalui penulisan naskah yang disesuaikan dengan masalah akhlak yang sedang terjadi di sekolah, pemilihan pemeran drama dari kalangan siswa bermasalah, latihan berulang-ulang yang bertujuan untuk pembiasaan akhlak yang baik, penampilan drama dengan penuh penghayatan, menyampaikan pesan-pesan tentang akhlak kepada penonton, melaksanakan tindak lanjut dengan menyampaikan tentang akhlak di kelas-kelas, dan evaluasi terhadap keberhasilan internalisasi nila-nilai akhlak pada siswa pasca pentas drama. Menindak lanjuti temuan ini, proses internalisasi nilai akhlak harus terus dioptimalkan agar terbentuk generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan cita-cita agama dan negara.
Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2347
Fimansyah, W. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Untuk Generasi Muda. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 2(2), 97–104.
Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41
Mangsi, Raya. Abdurahman, H. (2017). Kuriklum pai yang rahmatan lilalamin; aman dan sehat bagi perkembangan ruhani peserta didik (. Istiqra’, V(September), 30–35.
Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N. N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F., Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., … Chatterjee, R. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Endocrine, 9(May), 6. https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.n
Umami, S. R., & Amrulloh, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘ Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 112–129. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1019