Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI
Main Article Content
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pembelajaran berbasis teknologi informasi dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan pada jenjang SD/MI. Asesmen (penilaian) berbasis teknologi ditinjau dari segi pendidikan merupakan proses penilaian yang dilakukan dengan melibatkan media seperti komputer, LCD, Handphone, dan sejenisnya, guna mengoptimalkan penilaian dalam pembelajaran yang lebih efisien dan menarik. Oleh karena itu perkembangan kemajuan teknologi dapat digunakan dalam teknik penilaian berbasis teknologi informasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan yaitu berupa buku-buku, maupun jurnal online yang diakses melalui google scholar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan dokumentasi dari beberapa buku-buku, tesis, maupun jurnal online selanjutnya diolah dan dianalisis kemudian diambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini dijelaskan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan oleh sekolah ataupun institusi pendidikan sebagai sarana dalam memberikan penilaian berbasis teknologi informasi yang berguna untuk meningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini juga berkontribusi dalam memberikan contoh-contoh penilaian berbasis teknologi dengan berbagai macam fitur penilaian antara lain dengan menggunakan google classroom, testmoz, quizizz, proprofs dan juga quiz star.
Kata kunci: Penilaian Berbasis Teknologi, Kualitas Pendidikan
Abstract
This study aims to determine the assessment of information technology-based learning and its implications for improving the quality of education at the SD/MI level. Technology-based assessment (assessment) in terms of education is an assessment process carried out by involving media such as computers, LCD, handlphone, and the like, in order to optimize assessments in more efficient and interesting learning. Therefore, the development of technological advances can be used in information technology-based assessment techniques.
This study uses the type of library research (library research). The data sources used are in the form of books, and online journals that are accessed through Google Scholar. The data collection technique is by collecting documentation from several books, thesis, and online journals which are then processed and analyzed and conclusions are drawn. The results of this study explain that with the development of information technology can be used by schools or educational institutions as a means of providing information technology-based assessments that are useful for improving the quality of education. This research also contributes to providing examples of technology-based assessments with various assessment features, including using google classroom, testmoz, quizizz, proprofs and quiz star.
Keywords: Technology Based Assessment, Quality of Education
Aisyah, Siti. 2011. Evaluasi Pembelajaran Berbasis It Dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan, Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01 Januari – Juni
Chasanah, Dwi Mardianatun. 2016. Analisis Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tik Di Sdn Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal TESIS, Universitas Negeri Semarang
Hamid, Mustofa Abi. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Tik Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika, VOLT Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 1, No. 1, Oktober
https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/evaluasi-pembelajaran-berbasis-tik/
https://www.panduanmengajar.com/2020/04/aplikasi-gratis-terbaik-untuk-membuat-soal-online.html
Mardapi, D. 2012. Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera
Mukhtar, 2011. Desain Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi Dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press
Nasution, Hambali Alman & Fikri Alwi Nasution. 2020. 1Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2Universitas Islam Negeri Sumatera Utara “Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2 : Agustus
Setemen, Komang dkk. 2019. Model Peer Assessment Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 16, No. 1, Januari
Sukmadhinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sutrisno, S. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi
Suwardi dkk, 2012. Panduan Penulisan Skripsi, Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga
Wati, Ratna. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Projek Berbasis Project Based Learning Untuk Mengukur Kreativitas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. TESIS, Universitas Lampung