Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Tingkat Sekolah Dasar
Main Article Content
Rendahnya mutu pendidikan sering kali dikaitkan dengan kurikulum, hal ini dikarenakan kurikulum yang berperan menciptakan pengalaman belajar bagi peserta didik menjadi salah satu acuan dalam pendidikan. Berkaca dari kegagalan yang sudah ada maka lahir pemikiran untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan mendirikan sekolah berbasis islami yang mengintegrasikan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan landasan gerakan tarbiyah. Untuk itu tulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai sekolah Islam terpadu yang mencoba meretas jalan membangun pendidikan berkualitas, salah satunya dengan berupaya menciptakan pengajaran yang seimbang antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Islam di dalamnya. Yakni dengan mengintegrasikan berbagai komponen kegiatan keislaman yang mampu membentuk pendidikan berkarakter yang kokoh dan efektif. Kurikulum JSIT ini dalam mengimplementasikannya harus di dukung oleh Dinas Pendidikan Daerah, kebutuhan dunia kerja, kepala sekolah, komite sekolah, dan semangat dari perserta didik.
Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III. Kencana Media Group.
Ella Yulaewati. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Pakar Raya.
Fahmi Alaydroes. (2011). Kurikulum madrasah. Majalah Hidayatullah.
JSIT, T. P. (2006). Kurikulum Pendidikan Agama Islam JAringan Sekolah Islam Terpadu. Syamil Cipta Media.
Karimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14.
Maksudin. (2010). Pendidikan Islam Alternatif MEmbangun Karakter melalui Sistem Doarding School. UNY Press.
Muhaimin. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendiidkan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Raja Grafindo Persada.
Muhammad Nazir. (1985). Metode Penelitian. Ghaliya Indonesia.
Robingatin, S. (2015). Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(1), 127–154. https://doi.org/10.21093/sy.v3i1.241
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulu, 2013. Dinamka Ilmu.
Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.
Tinggi, S., Islam, A., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Rahmat Rifai Lubis Miftahul Husni Nasution A . Pendahuluan Sejak tahun 2010 , pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional mencanangkan penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkat pendidik. 3, 15–32.