Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan
Main Article Content
Isu strategis yang menjadi permasalahan pendidikan dewaasa ini antara lain pencapaian mutu yang rendah melihat produktivitas lulusan, faktor yang berkaitan dengan issue value for money dan faktor akuntabilitas pendidikan. Perilaku Organisasi meliputi kumpulan yang kompleks mengenai ideologi, simbol, dan nilai inti yang berlaku dalam perusahaan dan mempengaruhi cara menjalankan usahanya. Mempertajam budaya organisasi merupakan tugas sentral kepemimpinan strategik yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana perilaku organisasi berpengaruh terhadap proses perubahan organisasi. Implementasi Perubahan merupakan sebuah proses yang berpangkal dari perubahan cara berfikir (mindset). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) Sumber data primernya adalah teori perilaku organisasi. sumber data sekundernya adalah teori perubahan, manajemen strategic, dan produktivitas. Hasil penelitian menunjukkan pikiran orang yang berada didalam organisasi membentuk pikiran organisasi yang kemudian menghasilkan nilai-nilai sekolah, lalu kondisi tersebut menghasilkan tindakan yang baik. Komponen peningkatan produktivitas dalam konteks output pendidikan yaitu (1) sikap kerja; (2) tingkat keterampilan; (3) hubungan antara lingkungan; (4) manajemen produktivitas; (5) efisiensi tenaga kerja; dan (6) kewiraswastaan.
Alwaasilah, A. Chaedar dkk. 2008. Pendidikan di Indonesia Masalah dan Solusi. Jakarta: diterbitkan oleh Kedeputian Bidang Koordinasi Pendidikan. Agama dan Aparatur Negara. Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia.
Fadjar, A. Malik. 1998. Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. ed: Mustofa Syarif dan Juanda Abu Bakar. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia {LP3NI}.
Nata, Abuddin. 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada.
Khori, Ahmad. ”Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam”. Jurnal ManajemenPendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1, Mei 2016.
David. Fred R. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Edi Sukarno. 2002. Sistem Pengendalian Manajemen Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tilaar, H.A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional. Cet. Ke-6. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudarmo, Indriyo Gito. 2002. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.
Pidarta, Made. 1998. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Muchlas, Makmuri. 2007. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Barnard, Matt and Naomi Stoll. 2010. Organisational Change Management: A Rapid Literature Review. Short Policy. Founded by Department for Education. University of Bristol-United Kingdom.
Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi. Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sinungan, Muchdarsyah. 2014. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Cet Ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. Sutiah. Sugeng Listyo Prabowo. 2010. Manajemen Pendidikan. Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Anggaran Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Qomar, Mujammil. Manajemen Pendidikan Islam. Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Wilson, Richard M.S. and Coling Giglian. 2005. Strategic Marketing Management. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann.
Kretnier, Robert and Angelo Kinicki. 2010. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Higher Education.
Sofyandi. Herman dan Iwa Gamiwa. 2007. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Prenallindo.
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi & Manajemen Perilaku. Struktur. Budaya & Perubahan Organisasi.
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen dalam berbagai Spesifik. Jakarta: Erlangga.
Ghamal. 1979. Islamic Education: Its Traditions and Modernization into the Arab National System. London: Luzac & Company LTD.
Nimran, Umran. 2013. Perilaku Organisasi. Cet ke-2. Sidoarjo: Laros.
Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management. Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Wahjono. S. I.. 2010. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibowo. 2011. Manajemen Perubahan. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.