Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta
Main Article Content
Akreditasi sekolah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pelaksanaan akreditasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta dengan menggunakan mekanisme akreditasi sekolah dan komponen akreditasi. Adapun pedekatan dan metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan data hasil wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan akreditasi sekolah di MTs Pembangunan UIN Jakarta sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Hasil Akreditasi yang diperoleh MTs Pembangunan UIN Jakarta dengan nilai akhir 97 berpredikat A (Unggul). Adapun tindak lanjut berupa program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan komponen standar nasional pendidikan
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XII. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://bansm.kemdikbud.go.id/.
Karyanto, Uum Gatot dkk.. (2015). Implikasi Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Tata Kelola SMK Negeri 1 OKU. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia Vol. 7 No. 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jmpi/article/view/8104.
Maba, Wayan. (2017). The Implementation of Education National Standard in the Instrument of School Accreditation of Bali Province Education Authory. International Research Journal of Engineering, IT and Research. Vol. 3. No. 4. httpps://sloap.org/journals/index.php/injeis/.
Machali, Imam dan Ara Hidayat. (2018). The Hand Book of Education Management. Jakarta: Prenadamedia Group.
Malik, Abdul dkk. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah. Jakarta: BAN S/M Kemdikbud RI.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah. (2019). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2019.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, kuantitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sururi. (2008). Pengaruh Akreditasi Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di SMK se-Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan. vol. 8. no. 2. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6295.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
VIVA.co.id. (2019). Survei Pendidikan Dunia Indonesia Peringkat 72 dari 77 Negara. https://www.viva.co.id/arsip/1249962-survei-pendidikan-dunia-indonesia-peringkat-72-dari-77-negara.
Yadnya, Gusti Agung Oka. (2020). Kiat Sukses Menyiapkan Akreditasi Sekolah. Jakarta: Guepedia.