Strategi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa SMA Negeri I Bukit Kabupaten Bener Meriah
Main Article Content
Dewasa ini pendidikan agama menjadi sorotan tajam masyarakat. Perilaku menyimpang peserta didik dan remaja yang tidak sesuai dengan norma agama, mendorong berbagai pihak mempertanyakan efektivitas pelaksanaan pendidikan agama di sekolah. Penelitian ini membahas (1) peranan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah; (2) bentuk pembinaan akhlakul karimah yang dilakukan guru pendidikan agama Islam; dan (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlaqul karimah siswa di SMA Negeri I Bukit Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian yaitu (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, anjuran atau nasehat, larangan, pengawasan dan hukuman; (2) pembinaan akhlak di SMA Negeri I Bukit terbagi menjadi dua yaitu intrakurikuler yang difokuskan pada kajian keagamaan yang terdiri dari Aqidah/Tauhid, dan ekstrakurikuler, antara lain olah raga, darmawisata, dan kegiatan social; dan bentuk pembinaan akhlak dilakukan dengan membaca do’a membaca Al-Qur’an, shalat Zhuhur dan memperingati hari Besar Islam seperti Tahun baru dan Maulid Nabi; dan (3) faktor pendukung adanya kebiasaan atau tradisi yang berprilaku baik di sekolah dan Faktor penghambat, pergaulan lingkungan masyarakat yang negatif.
Abu Ahmadi. Joko tri Prasetya. 2005. Strategi Bealajar Mengajar. Bandung: Balai Pustaka.
Abubakar Jabir Al-ajaza’iri. Minhajul Muslim; pedoman hidup Seorang Muslim. terj. Andi Subarkah. Wendy Febriangga Mutammah. dan Abu Salama Solo: Insan Kamil.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asifudin, Ahmad Janan. 2010 Mengukit Pilar-Pilar Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis). Yogyakarta: SUKA- Press UIN Sunan Kalijangga.
Aziz, Abdul. 2004. Kurikulum Pedoman PAI di Sekolah. Jakarta. Departemen Agama RI.
Daryanto, Agus, 2004. Terapi Mental. Jakarta: Raja Grafindo.
Daulay. Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Hadhiri, Choiruddin. 2015. Akhlak dan Adab Islam. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
Hamruri. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hasibuan. Mudjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Iyas, Yunahar. Kuliah akhlaq. 2011. (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.
Majid, Abdul. 2004. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Bandung: Rosda Karya.
Majid. Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. 4. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhaimi. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama. Jakarta: Raja Grafindo.
Muhibbinsyah. 2002. Phikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.
Muliawan, Jasa Unggul. 2005. Pendidikan Islam Integratif Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. 2002. Manajemen Pendidikan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muri‟ah, Siti. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang: Rasail Media Group.
Nasihin, Ahmad. 2008. Peran Guru PAI. Jakarta: Musda Karya.
Nasution, Noehi. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam.
Nata. Abudin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Noeng Muhadjir. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin. 1998.
Prastowo, Andi, 2004. Pembelajaran Konstruktivistik-Scientific Untuk Pendidikan Agama di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Peraktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2008
Rifa’i. Ahmad. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: LP3 UNNES.
Saiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya., Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem pembelajara. Jakarta: Kencana.
-------------------- 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suroso, Abdussalam. 2012. Cara Mendidik Anak. Surabaya: Sukses Publishing.
Syafaat, TB Aat dkk. 2005. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja.
Tafsir, Ahmad. 2007. Ilmu Pendidikan dalam persefektif Islam. Bandung: remaja Rosda Karya.
Tarigan, Henri Guntur. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bandung: Angkasa.
Tu’u, Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia.
Yamin, Abdullah. 2007. Studi Akhlak dalam perdfektif Al-Quran. Jakarta: Ammzah.
Zaini Hisyam. 2005. Strategi Melalui Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.