Perilaku Komunikasi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru
Penggunaan media pembelajaran mesin hitung
Main Article Content
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi kepala sekolah dalam mengelola dan menggerakkan para guru untuk meningkatan kinerjanya. Komunikasi kepala sekolah dengan para guru dapat berfungsi menyampaikan perintah, menyalurkan informasi atau berita, memberikan nasehat dan memberikan penilaian terhadap kinerja para guru. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dengan cara membaca berbagai literatur untuk mendeskripsikan perilaku kepala sekolah dalam peningkatan kinerja para guru. Berdasarkan hasil pembahasan bahwa perilaku komunikasi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru dapat digolongkan efektif apabila perilaku komunikasi kepala sekolah tersebut berfungsi sebagai berikut: (1) komunikasi sebagai perintah (instructive) peningkatan kinerja guru; (2) komunikasi sebagai informasi (informative) peningkatan kinerja guru; (3) komunikasi sebagai nasehat (influencing) peningkatan kinerja guru, dan (4) komunikasi sebagai evaluasi (evaluative) peningkatan kinerja guru. Hasil kajian ini dapat direkomendasikan kepada kepala sekolah, pengawas dan stakeholder pendidikan lainnya supaya dapat terus-menerus membangun perilaku kominikasi yang baik dalam upaya peningkatan kinerja para guru.
Amin, M Ali Syamsuddin. 2017. “Komunikasi Sebagai Penyebab Dan Solusi Konflik Sosial.” Jurnal Common 1(2).
Atiqullah, M Pd. 2012. “Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam.”
Bacal, Richard. 2001. “Manajemen Personalia.”
Bashori, Bashori, and Syukra Vadhilla. 2020. “Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional.” PRODU-Prokurasi Edukasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1(1): 15–32.
Bustari. 2019. “Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.” PRODU: Prokurasi Edukasi 1(1): 79–98.
Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gama Media.
Effendy, Onong Uchjana. 2007. Komunikasi, Teori Dan Praktek. Cet ke-21. Bandung: Rosda Karya.
Ekosiswoyo, Rasdi. 2016. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 14(2).
Fiedler, Fred E. 2015. “Contingency Theory of Leadership.” Organizational Behavior 1: Essential Theories of Motivation and Leadership 232: 1–2015.
Gibson, James L. 2011. Organizations; Behavior, Structure, Processes. 14th Editi. Singapore: McGraw-Hill lnternational, Inc.
Gilley, Ann, Jerry W Gilley, and Heather S Mcmillan. 2009. “Organizational Change: Motivation, Communication, and Leadership Effectiveness.” Wiley Inter Science 21(1): 75–94. www.interscience.wiley.com.
Hasibuan, Melayu S P. 2002. “Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalahnya.” Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnadi. 2019a. “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 3(2): 56–70. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Hasnadi, Hasnadi. 2019b. “Membangun Budaya Literasi Informasi Pada Perguruan Tinggi.” In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), , 610–20.
Istikomah. 2019. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 4 Di Kota Jambi.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 3(2): 39–55. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Khairani, Ita, Erwan Efendi, and Edi Saputra. 2018. “Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 2(3).
Koontz, Harold, Heinz Weihrich, and Mark V Cannice. 2020. Essentials of Management-An International, Innovation and Leadership Perspective|. McGraw-Hill Education.
Krispendoff, Klaus. 1993. “Analisis Isi Pengantar Dan Teori Metodologi.” Jakarta (ID).
Kristiawan, Muhammad, and Nur Rahmat. 2018. “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran.” Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan 3(2): 373–90.
Kuhlthau, Carol Collier. 2004. 2 Seeking Meaning: A Process Approach to Library and Information Services. Libraries Unlimited Westport, CT.
Lecturer, Course, and Kenneth O Gangel. 2015. “Interpersonal Communication and Conflict Management.” : 1–19.
Muhammad, Arni. 2015. Komunikasi Organisasi. ke-14. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukhtar, H, and Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. 2020. Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Hr_8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&ots=L8Uz02Apk4&sig=gTu6amUq_vaiL-3gr9uyfuqEWQk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dalam Membangun Budaya Mutu. 1st ed. Malang: UIN Malang Press.
Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional; Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, Enco. 2004. “Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi Dan Implementasi.”
Mustawan, Made Dwiana. 2019. “Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang.” Widya Aksara 24(1): 1–6.
Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetetif. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Nazir, Moh. 2014. “Metode Penelitian, Cet. 10.” Bogor Penerbit Ghalia Indones.
Packard, Thomas. 2009. Leadership and Performance in Human Services Organizations. San Francisco: Jossey Bass Publishers.
Rahardjo, Dawam. 1997. “Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional (Moving Out from National Educational Problems).” Jakarta: Intermasa.
Rivai, Veithzal. 2004. Kiat Memimpin Dalam Abad Ke-21. PT RajaGrafindo Persada.
Rivai, Veithzal, and Deddy Mulyadi. 2011. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. 8th ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sethi, Deepa, and Manisha Seth. 2009. “Interpersonal Communication : Lifeblood of an Organization.” III: 32–41.
Sinuor, Yoseph Laba. 2010. Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Timpe, A. Dale. 2002. “Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Waktu.” In 4, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tosh, Katie, and Christopher Joseph Doss. 2019. “Perceptions of School Leadership: Implications for Principal Effectiveness. Data Note. Research Report. RR-2575/5-BMGF.” RAND Corporation.
Wahab, Abd, and Umiarso. 2011. Kepemimpinan Pendidikan Dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Widjaya, A W. 2000. Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Rineka Cipta.
Yusup, Muhammad. 2018. “Tanggung Jawab Dan Otoritas Kepemimpinan Pendidikan Dalam Islam.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 2(1): 62–79. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.