Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah
Main Article Content
Perkembangan globalisasi, teknologi, informasi dan komunikasi berdampak pada globalnya nilai-nilai budaya sehingga dapat membentuk budaya baru. Munculnya budaya baru yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dapat mengakibatkan pergeseran nilai-nilai etika, moral dan akhlak dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan karakter di Indonesia menjadi fokus utama dan sangat penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi warga Indonesia agar memiliki karakter sesuai dengan falsafah Pancasila. Sekolah merupakan salah satu wadah yang efektif dalam membentuk dan mengembangkan nilai-nilai karakter peserta didik. Salah satu strategi mengembangkan nilai-nilai karakter di sekolah adalah melalui budaya sekolah. Budaya sekolah mencakup semua kegiatan yang dilakukan di sekolah yang di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter melalui interaksi seluruh warga sekolah. Penanaman nilai-nilai karakter yang menjadi budaya sekolah perlu dikembangkan berdasarkan kearifan lokal dan dilaksanakan secara sistematis, integratif dan holistik. Penerapan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah dilakukan dengan cara menciptakan kondisi yang mendukung penanaman nillai-nilai karakter, keteladanan, kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontanitas, kegiatan terpogram, kegiatan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Penerapan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya; kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun); budaya tadarus; budaya membaca doa ketika memulai dan mengakhiri belajar; disiplin; dan budaya bersih; budaya jujur; peringatan hari besar; berpakaian rapi, dan lain sebagainya.
Agus, Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Agustin, D. S. Y. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 177-185.
Albertus, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 151-158.
Asmaroini, A. P. 2017. Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapanya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.
Asriati, N. 2012. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2), 106-119.
Baharun, H., & Mahmudah, M. 2018. Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 149-173.
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. 2014. Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.
Erlina, B. 2011. Pengaruh Globalisasi Terhadap Perkembangan Hak Asasi Manusia Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya (HESB) Di Indonesia. Pranata Hukum, 6(2), 103-116.
Farida, S. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 1(1), 198-207.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Haris, A. H. 2017. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64-82.
Hidayat, A. S. 2012. Manajemen sekolah berbasis karakter. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 1(1), 8-22.
Judiani, S. 2010. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Komariah, Aan & Cepi Triatna. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kosim, M. 2012. Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 19(1), 84-92.
Kurniadi, D., & Mulyani, A. 2017. Pengaruh Teknologi Mesin Pencari Google Terhadap Perkembangan Budaya dan Etika Mahasiswa. Jurnal Algoritma, 14(1), 19-25.
Majid, Abdul & Dian Andayani. 2015. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maunah, B. 2015. Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90-101.
Mukminin, A. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(02), 227-252.
Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan, Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.
Muslih, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Najib, Sulhan. 2015. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: Jepe Press Media Utama.
Ngafifi, M. 2014. Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.
Niron, M. D., Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto, P. 2013. Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), 19-31.
Nurhaidah, M. 2015. Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Universitas, 3(3), 1-14.
Omeri, N. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.
Ramdhani, M. A. 2017. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Rosala, D. 2017. Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25.
Solichin, dkk. 2015. Manajemen Masjid Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Suastra, I. W. 2018. Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Siswa Untuk Menjaga Keutuhan Dan Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Maha Widya Bhuwana, 1(1),71-80.
Sudarsana, I. K. 2016. Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka. Prosiding Nasional.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Suyitno, I. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 1-13.
Syafruddin, S., Masyhuri, M., & Suud, S. 2019. Urgensi Pendidikan Multikultural Untuk Mencegah Faham Radikalisme Pada Siswa Sma Dan Ma Di Kecamatan Dompu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36-42.
Taufiq, M. 2018. Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai Dan Pendekatan Instruksional. TARBAWI, 7(1), 31-46.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wibowo, Agus. 2013. Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. 2017. Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-303.
Yudanegara, H. F., Sos, S., & Si, M. 2015. Pancasila sebagai filter pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme. Jurnal Ilmu Administrasi CENDEKIA, 8(2), 165-180.