Nilai Strategis dalam Meningkatkan Competitive Value Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta di Provinsi Jambi
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keunggulan bersaing perguruan tinggi di Provinsi Jambi, Indonesia, melalui kerjasama antara perguruan tinggi Islam. Studi ini memperkenalkan model budaya organisasi sebagai nilai strategis dalam menciptakan sistem tata kelola perguruan tinggi yang efektif. Penelitian berjenis kualitatif dengan metode survei deskriptif. Secara total, 3 orang rector dan 24 dosen diwawancarai, berpartisipasi dalam diskusi kelompok terfokus, dan diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keunggulan bersaing unguk perguruan tinggi Islam di Jambi terdiri dari meningkatkan rantai nilai (value chain), yang membagi organisasi ke dalam berbagai aktivitas yang dijalankannya dalam mendesain, inovasi kegiatan pendidikan, pemasaran program, dan prestasi yang ditunjukkan output pendidikan. Selain itu, Budaya Organisasi yang efektif menjadi faktor sukses kritikal dalam kegiatan belajar mengajar di kelas maupun dalam peran serta dalam pelayanan sekolah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi lembaga pendidikan Islam dalam model manajemen pengelolaan perguruan tinggi yang kompetitif yang memiliki beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan, desain perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Model yang diusulkan dapat dijadikan acuan bagi para pengampu kebijakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara nasional.
Abas, S. (2014). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Prenadamedia Group, Cetakan Ketiga 2014. Jakarta: Prenada Media Group.
Alpaslan, K. (2019). Development of Diverse Global Educational Leaders through Learning Organization Concepts of Faculty Engagement. Procedia Computer Science, 158(2019), 688–695. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.104
Baráth, T. (2015). Learning Organization as a Tool for Better and More Effective Schools. Procedia Manufacturing, 3(Ahfe), 1494–1502. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2015.07.330
Bustinza, O. F., Vendrell-Herrero, F., Perez-Arostegui, M., & Parry, G. (2019). Technological Capabilities, Resilience Capabilities and Organizational Effectiveness. The International Journal of Human Resource Management, 30(8), 1370–1392. https://doi.org/10.1080/09585192.2016.1216878
Cousin, S. (2020). School Leadership and Education System Reform. Journal of Education Policy, 35(6), 872–873. https://doi.org/10.1080/02680939.2019.1696037
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publication Inc.
David Audretsch et al. (2016). University Evolution, Entrepreneurial Activity and Regional Competitiveness. London: Springer.
Davidson. (2010). The Complete Idea’s; Change Management (D. Priatna, Ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Hancock, L., & Nuttman, S. (2014). Engaging Higher Education Institutions in the Challenge of Sustainability: Sustainable Transport as a Catalyst for Action. Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.07.062
Hopkins, C. D., Raymond, M. A., & Carlson, L. (2011). Educating Students to Give Them a Sustainable Competitive Advantage. Journal of Marketing Education, 33(3), 337–347.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. Sage.
Indrajit, R. E. (2007). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: Andi Publisher.
Indrajit, R. E., & Pranoto, R. D. (2011). Wealth Management, Untuk Penyelenggaraan Perguruan Tinggi (1st ed.). Yogyakarta: Andi.
Jamaluddin, J., & Sopiah, S. (2018). Desain Sekolah Model: Studi Penjaminan Mutu Pendidikan. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 99–107.
Kondalkar, V. G. (2007). Organizational Behaviour (1st ed.). New Delhi: New Age Publisher.
Laing, S. (2002). Creativity, Professionalism and Culture Beyond Benchmarking. Art, Design & Communication in Higher Education, 1(2), 108–114.
Lo-Iacono-Ferreira, V. G., Torregrosa-López, J. I., & Capuz-Rizo, S. F. (2017). Organizational Life Cycle Assessment: Suitability for Higher Education Institutions with Environmental Management Systems. The International Journal of Life Cycle Assessment, 22(12), 1928–1943.
Madu, B. C. (2006). Organization Culture as Driver of Competitive Advantage. Journal of Academic and Business Ethics, 1–9.
Matachi, A. (2006). Capacity Building Framework. UNESCO - International Institute for Capacity Building in Africa.
McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2018). Organizational Behaviour : Emerging Knowledge Global Reality. New York: McGraw-Hill Education.
Mukhtar, M., Risnita, R., & Prasetyo, M. A. M. (2020). The Influence of Transformational Leadership, Interpersonal Communication, and Organizational Conflict on Organizational Effectiveness. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10371
Mullins, L. J. (2010). Management & Organizational Behaviour: Ninth Edition. London: Financial Times Pitman Publishing.
Myers, M. D. (2009). Qualitative Research in Business & Management: 2nd Edition. Singapore: Sage Publication.
Niffy, E. Y. (2017). Perancangan Sistem Evaluasi Kinerja Akademik Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X). Universitas Andalas.
Nimran, U. (2003). Perilaku Organisasi (2nd ed.). Sidoarjo: Laros.
Perawironegoro, D. (2017). Hubungan antara Struktur Organisasi, Budaya Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Efektifitas Organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 80–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.267
Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.71-96
Saepudin, J. (2016). Kapasitas Kopertais Wilayah XIII Dalam Meningkatkan Mutu PTAIS Di Provinsi Jambi. Al-Qalam, 21(2), 277–290.
Sari, D. C. (2018). Perencanaan Strategis Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Budaya Organisasi Universitas Abdurrab Riau. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 19–26.
Schneider, B., & Barbera, K. M. (2014). The Oxford Handbook of Organizational Climate and Culture. Oxford: Oxford University Press.
Subaidi, S. (2020). Strengthening Character Education in Indonesia: Implementing Values from Moderate Islam and the Pancasila. Journal of Social Studies Education Research, 11(2), 120–132.
Sutrisno, E. (2016). Budaya Organisasi (Kedelapan). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Umar, H. (2008). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo. (2016). Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ke-2 (4th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.