Pendidikan Anak Usia Dini dalam Konteks Islam
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas dasar dan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), materi serta kurikulum yang di pakai dalam kontek pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitik, maka pendekatannya adalah telaah krpustakaan dan penelaahan konsep, dalam hal ini buku-buku yang berhubungan dengan pandidikan anak sejak dalam kandungan dan yang lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh data bahwa tujuan pendidikan anak usia dini adalah agar terwujud insan yang taqwa , Berakhlak mulia, berilmu, aktif dan kreatif , mandiri berjiwa demokratis serta bertanggung jawab, terpelihara kesucian jiwa agar menjadi fitrah sesuai dengan ajaran Islam sehingga membawa anak dalam kehidupan kebahagian dunia dan akherat, Materi/ kurikulum yang harus ditanamkan pada anak usia dini adalah materi tentang pokok-pokok inti ajaran Islam,; seperti shalat fardhu lima waktu, membaca al-Qur,an, mengenal Allah, malaikat, rasul dan Kitab-kitabnya, dan pelajaran tata karma yang baik, serta ilmu keduniaawiaan yang berguna bagi pertumbuhan anak di masa anak-anak maupun masa dewasanya kelak.
Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Al-Sheikh. (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
Abu al-Fida’ Ismail binUmar bin Katsir al-Quraisyi Al-Dimasyqi. (2012). Tafsir Ibnu Katsir. In Juz II (p. 109).
Abu al-Tayyib Muhammad Syams al-Haqq bin Amir ‘Ali bin Maqsud ‘Ali al-Siddiqi al-‘Adzim Abadi. (1993). Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud. Beirut: Darul Fikri.
Al-Abrasi, M. A. (1985). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
al-Jamaly, M. F. (1977). Nahwa Tarbiyat Mukminat, al-Syirkat al-Tunisiyat li al-Tauzi’. Tunisia.
Al-Quzwain, A. ‘Abdillah M. ibn Y. (1988). Sunan Ibnu Mājah, Juz Al-Awwal. Beirut: Dar al-Fikr.
Amrulloh, A. (2016). Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak. Didaktika Religia, 4(1), 1–28.
Anak, A. M. P. P. P. (2002). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta.
Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.
Ar-Rifa’I Muhammad Nasib. (2000). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Juz. II, Cet. II. Jakarta: Gema Insani Press.
Arifin, Z., & Turmudi, M. (2019). Character of Education in Pesantren Perspective. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 335–348.
At-Tirmiżi, I. al-H. A. (n.d.). Abbas Muhammad ibn ‘Isa bin Saurah. Sunan At-Tirmiżi Al-Jami’us Şahih.
Bafadal, I. (2003). Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke arah Ragam Varian Kontemporer.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.
Chatib, M. (2012). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa.
Cresswell, J. W. (2012). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America: Pearson Merrill Prentice Hall.
Daradjat, Z. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Bulan Bintang.
Daud, A. M. (2014). Al-Qabisi ’ s Thoughts about Curriculum in Islamic Education. Tawarikh International Journal of Historical Studies, 5(1), 187–196.
Dewantara, K. H. (1968). Karya Ki Hajar Dewantara (1st ed.). Yogyakarta: Taman Siswa Press.
Halil, A. (2018). Wawasan Al-Qur’an Tentang Akhlak (Studi Tafsir Al-Qur’anil Azhim Karya Al-Imam Abi Fida’Ismail bin Umar bin Katsir al-Qurasy Ad-Dimasyqi).
Hamjah, S. H., Zur Raffar, I. N. A., Rahman, Z. A., & Rasit, R. M. (2020). Applying Spiritual Aspect of Parenting Skills to Adolescents in the Family. Jurnal Akidah & Pemikiran Islam, 22(2), 313–346.
Haydon, G. (2006). Education, Philosophy and the Ethical Environment. London: Routledge.
Heri Hidayat. (2013). Teologi Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pengembangan Masyarakat, Ijtimaiyya, 6(2).
Jaafar, N., Muhamad, N. A. F. B., Ghazali, N. B. M., Jamilin, A. K., Kasmani, M. F. Bin, Abdullah, R. B., … Kanaker, O. (2017). Prophetic Communication Styles in Teaching. Advanced Science Letters, 23(5), 4761–4764.
Jalaluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Lian, B., Kristiawan, M., Primasari, D. A. G., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Teachers’ Model in Building Students’ Character. Journal of Critical Reviews, 7(14), 927–932.
Ma’awiyah, A. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Fitrah dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 44–61. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.265
Mansur, M. A. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Nasikhin, A. (2008). Elemen-Elemen Psikologi Islami dalam Pembentukan Akhlak. IAIN Walisongo.
Nurfitriana, N. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 103–119.
Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1–17.
Prasetyo, M. A. M. (2019a). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Mendukung Kebijakan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tenggara. PRODU-Prokurasi Edukasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.1152
Prasetyo, M. A. M. (2019b). Sistem Pasar Output Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 136–153.
Pusat Kurikulum Pendidikan Nasional. (2007). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Derpartemen Pendidikan Nasional.
Quthb, M. A. (1988). Auladuna fi Dlau-it Tarbiyyatil Islamiyyah, terjemahan Bahrum abu Bakar Ihsan. Bandung: Diponegoro.
Sabri, M. A. (2004). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan.
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.
Siregar, L. Y. S. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student Conference, 1, 130–139.
Soendjaja, R. P. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini Hak Semua Anak. Direktorat Pendidikan Anak USia DIni, Depdiknas, Jakarta.
Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Kencana.
Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 2(1), 65–72.
Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Suwaid, M. (2003). Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyah lit-Tifl, terjemahan Salafuddin Abu Sayyid. Mendidik Anak Bersama Nabi,(Solo: Pustaka Arafah.
Syamsu, Y. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak: Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Quran. Gema Insani.
Thalib, M. (2019). 40 tanggung Jawab Anak terhadap Orang Tua.
Zarkasyi, H. F. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Mohammed Naser. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan Media Utama.
Zuhaili, M. (2001). Al Islam Wa Asy Syabab, terjemahan Arum Titisari. Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini.