Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Main Article Content
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang tepat pada mata pelajaran sejarah materi perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia di Kelas XI-1A2 SMA Negeri 1 Montasik Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur PTK dilaksanakan dalam bentuk siklus dan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI-1A2 SMA Negeri 1 Montasik yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes belajar siswa. Data dilakukan analisis dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal prasiklus adalah 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II juga meningkat menjadi 91,7%. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I tergolong cukup baik yaitu 3,4 dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik yaitu 4,6. Aktivitas siswa pada siklus I tergolong cukup yaitu 3,2. Kemudian pada siklus II meningkat dan tergolong baik yaitu 4,3. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI-1A2 SMA Negeri 1 Montasik Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar.
Asis, B. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gimpubia. Jurnal Dikdas, 1(3).
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141–148.
Hidayat, A. (2012). Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Paikem). AN NUR: Jurnal Studi Islam, 4(1), 39–50.
Idris, J. (2007). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah.
Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51–62.
Kristiana, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS untuk Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Dukuh Kupang V/534 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–10.
Mundiri, A. (2015). Komitmen Organisasional Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 2(1).
Muthohharoh, M. (2014). Implementasi Perencanaan Pembelajaran Sejarah Studi Minat dan Pemahaman Sejarah Pada Siswa. Indonesian Journal of History Education, 3(1).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1–17.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sari, M. K. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas III. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02).
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.
Theresia, S. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMA Warga Surakarta. Jurnal Penelitian, 16(2).
Widiastini, M., Kusmariyatni, N., & Arini, N. W. (2014). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).