Peran Majelis Permusyawaratan Ulama dalam Meningkatkan Akreditasi Pesantren di Kabupaten Bener Meriah
Main Article Content
Abdulloh, M. (2019). Dampak Politik Kebijakan Peraturan Pemerintah Terhadap Eksistensi Pesantren. Jurnal Al-Murabbi, 5(1), 92–102. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.2110
Asrori, S. (2020). Lanskap Moderasi Keagamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110
Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 233–272. https://doi.org/doi.org/10.31291/jlk.v15i1.522
Bamberger, M. (2000). Integrating Quantitative and Qualitative Research in Development Projects: Lessons from the field. The World Bank.
Bashori. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa, 11(2), 269. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881
Basyit, A. (2017). Pembaharuan Model Pesantren: Respon terhadap Modernitas. XVI.
Buto, Z. A. (2015). Modernisasi Dayah di Aceh. Disertasi, Pascasarjana UIN SU Medan.
Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan Eksistensi: Pesantren Sekolah dan Madrasah. Tiara Wacana Yogya.
Dhofier, Z. (1984). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Guerra, J. M., Martínez, I., Munduate, L., & Medina, F. J. (2005). A Contingency Perspective on the Study of the Consequences of Conflict Types: The Role of Organizational Culture. European Journal of Work and Organizational Psychology, 14(2), 157–176. https://doi.org/10.1080/13594320444000245
Hamdan, H. (2017). Dayah dalam Perspektif Perubahan Sosial. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 8(1).
Hanafiah. (2018). Dayah Collectively as a Social Movement. International Journal of Human Rights in Healthcare, 11. https://doi.org/10.1108/IJHRH-08-2017-0034
Husaini, H. (2018). Strategi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa SMA Negeri I Bukit Kabupaten Bener Meriah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 1–18.
Laila, A. (2015). The Effective School: The Role of the Leaders in School Effectiveness. Educational Research and Reviews, 10(6), 695–721. https://doi.org/10.5897/err2014.1986
Musthofa, M. (2015). Kedatangan Islam dan Pertumbuhan Pondok Pesantren di Indonesia Pespektif Filsafat Sejarah. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 2(1), 1–15.
Nasional, D. P. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Nurlaila, N., & Zulihafnani, Z. (2019). Pengaruh Fatwa Ulama Dayah dalam Masyarakat Aceh. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 21(2), 93–103.
Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah /Madrasah. Deepublish.
Peraturan Gubernur Aceh No. 69 Tahun 2019. (2019). Badan Akreditasi Dayah Aceh.
Prasetyo, M. A. M. (2017). Manajemen Unit Usaha Pesantren. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 18–36.
Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.71-96
Qanun Aceh No. 9 Tahun 2018. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Dayah. Aceh.
Rosita, S., & Musnaini, D. M. F. (2020). Commitment, Satisfaction and Motivation in Improving Organizational Citizenship Behavior and Its Impact on Lecturer Performance in Higher Education. Universitas Jambi.
Salabi, A. S. (2021). Pengembangan Karier Guru Di Pesantren Darul Ihsan Hamparan Perak Deli Serdang. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.170
Scheerens, J., Luyten, H., & Ravens, J. van. (2011). Perspectives on Educational Quality: Illustrative Outcomes on Primary and Secondary Schooling in the Netherlands. London: Springer.
Setyawan, M. A. (2019). UU Pesantren: Local Genius dan Intervensi Negara terhadap Pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 19–40. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-02
Siregar, F. A. (2017). Membangun Loyalitas Tenaga Pendidik. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 117–128.
Situmorang, B. (2018). Model of Education Quality Management of Traditional Islamic Boarding Schools in Aceh. 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018), 685–687. Atlantis Press.
Umiarso, & Zazin, N. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: RaSAIL.
Usman, A. S. (2021). Peran Dinas Pendidikan Dayah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dayah di Aceh. Intelektualita, 10(01).
Wahyuddin, W. (2017). Kontribusi Pondok Pesantren terhadap NKRI. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(01), 21–42.
Zulfikar, Saiful Bahri, Muslem, Fatahillah, Amiruddin, & Muhibuttibri. (2020). The Da’wah Movement of Ulama Dayah (Analysis the Da’wah Movement of Têungkū Hasanoel Bashry). Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 2(1), 90–99. https://doi.org/10.33258/biohs.v2i1.146