Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Masa Pandemi Covid 19
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di masa pandemi covid 19. Penelitian menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Penelitian dilakukan di MTsS PTP-VI Berangir Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2020-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan guru bidang studi. Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilakukan dengan tiga siklus yaitu siklus 1 berupa kontrak, siklus 2 berupa pelaksanaan, dan siklus 3 berupa penguatan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di masa pandemi covid 19 berlangsung dengan baik. Meskipun pembelajaran menggunakan sistem giliran kelas per minggunya, tetapi tidak menurunkan semangat kepala madrasah untuk tetap meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di MTsS PTP-VI Berangir. Kegiatan belajar mengajar di MTsS PTP-VI Berangir dilakukan dengan tatap muka dengan sitem bergantian kelas setiap minggunya. MTsS PTP-VI Berangir berada di zona hijau sehingga diizinkan oleh tim gugus tugas covid 19 Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.
Adisasmito, W. (2020). How Indonesia is expediting its response to COVID-19. Jakarta Post, 28.
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59.
Elfidawati, E. (2020). Peningkatan Kedisiplinan dan Kualitas Pembelajaran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Supervisi Akademik di SD 009 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 171–179.
Herabudin. (2013). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Istikomah, I. (2019). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 4 di Kota Jambi. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 39–55. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.560
Jr., J. N., & Hoover, L. A. (2010). Teacher Supervision and Evaluation 3rd Edition. New Jersey: Jossey Bass Publishers.
Khoeriyah, S. W. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SMP IT Yaspida Sukabumi. Tadbir Muwahhid, 4(2).
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Mohanty, M. (2020). Contemporary Trends in Education. In W. Leal Filho, A. M. Azul, L. Brandli, P. G. Özuyar, & T. Wall (Eds.), Quality Education (pp. 127–138). https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_35
Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Murfi, A., Fathurrochman, I., Atika, A., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119–136.
Prasetyo, M. A. M. (2019). Sistem Pasar Output Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 136–153.
Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Lailisna, N. N. (2020). Strategy of Boarding School (Pesantren) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142–160.
Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ratnasari, D., Roemintoyo, R., & Winarno, W. (2018). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Tenaga Pendidik Sekolah Dasar untuk Menghadapi Era Digital. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 12–15.
Risnawati. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rodliyah, S. (2014). Supervisi Pendidikan dan Pembelajaran. Jember: Jember: STAIN Jember Press.
Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Salim, S., & Syahrum, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Scheerens, J. (2014). School, Teaching, and System Effectiveness: Some Comments on Three State-of-the-Art reviews. School Effectiveness and School Improvement, 25(2), 282–290. https://doi.org/10.1080/09243453.2014.885453
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Bandung: CV Alfabeta. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumarto. (2020). Supervisi Pendidikan Islam. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi.
Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 23–42.
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153.