Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Main Article Content
Penelitian ini mengenai Perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Simeulue Aceh dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran Sekolah Tinggi dengan pendekatan bauran pemasaran (Marketing Mix) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk menciptakan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pemasaran jasa pendidikan, dimaksudkan untuk menciptakan kondisi pemasaran yang kondusif dan stabil, sehingga memberikan dampak yang positif bagi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemasaran tersebut, (baik pihak Perguruan tinggi selaku produsen, maupun masyarakat sebagai konsumen). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di STIT Simeulue Aceh, strategi pemasaran jasa pendidikanya dilaksanakan melalui penerapan teori Marketing Mix (produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses) dengan memanfaatkan kompetensi ungulannya. Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam swasta satu-satunya di Kabupaten Simeulue Propinsi Aceh ini, berdampak positif dalam mengembangkan perguruan tingginya sehingga dapat menjadikan alternative pendidikan Islam baik komunitas muslim berlatar belakang tradisonal maupun modern, sebagai segmentasi pemasaran jasa pendidikannya. Namun di sisi lain keberadan STIT Simeulue Aceh yang masih baru, fasilitas gedung yang masih minim dan jurusan yang dibuka hanya satu jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sehingga belum menjadikannya sebagai pilihan utama konsumen jasa pendidikan. Lebih lanjut, tulisan ini melihat secara kritis bagaimana perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh STIT Simeulue Aceh dalam meningkatkan pemasarannya.
Aisyah Amalia (2016) “Perencanaan strategi pemasaran dengan pendekatan Bauran pemasaran dan swot pada perusahaan Popsy Tubby. Jurnal PERFORMA
Ara Hidayat dan Imam Machali (2012) Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Pengelolaan Sekolah dan Madrasah. Kaukaba: Sewon Bentul Yogyakarta.
Basu Swastha Dharmmesta dan Handoko, Hani (2003) Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Buchari Alma (2011) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembelian. Alfabeth. Bandung.
Christopher H Lovelock dan Lauren K. Wright (2007) Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta; PT. INDEKS
Daryanto (2011) Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Heru Suheryadi (2017) Strategi Pemasaran Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Hidayat, Ara dan Imam Machali (2010) Pengelolaan Pendidikan. Pertama. Bandung: Pustaka Educa
Jamal Ma’mur Asmani (2015) Manajemen Efektif Marketing Sekolah Pertama. Yogyakarta: DIVA Press.
Kotler, P., & Keller, L (2012) Marketing Communications. Jakarta: Erlangga
Philip Kotler (2003) Marketing Management International Edition, New Jersey: Prentice Hall Inc
Maskub Abrori (2015) Institutions Marketing Strategy To Increase Number of Students In PG / TK Samarinda. Shamil, Volume 3
Ramadahan dan Sofiyah (2013) Analisis SWOT sebagai Landasan dalam Menentukan Strategi Pemasaran (studi McDonald’s Ring Road. Jurnal Akademia
Ratih Hurriyati (2010) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Sri Minarti (2011) Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: AR-RUZZ Media