The Role of Guidance and Counseling Teacher in Developing Students’ Religious Moderation Behavior at Madrasah
Main Article Content
Abstract: Indonesia is currently facing extremism, radicalism, hate speech, and the breakdown of interfaith relations, which require that teachers fulfill their roles in developing students' religious moderation behavior. This study aims to describe the role of Guidance and Counseling teachers in developing students' religious moderation behavior at MAN Bintan. This research is classified as qualitative research when viewed from the aspect of data. The research activity was conducted at MAN Bintan from January to April 2022. The subjects for data collection in this study were Guidance and Counseling teachers. Data collection was performed through interviews, observation, and documentation. Data analysis was carried out by reducing, presenting, and verifying the data. The findings of this study demonstrate that Guidance and Counseling teachers play a central role in the development of students' religious moderation behavior at MAN Bintan, which is reflected in their roles as informants, facilitators, motivators, and mentors.
Abstrak: Bangsa Indonesia sedang menghadapi ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian, hingga retaknya hubungan antarumat beragama sehingga guru dituntut untuk melaksanakan perannya dalam rangka mengembangkan perilaku moderasi beragama siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan perilaku moderasi beragama peserta didik di MAN Bintan.
Penelitian ini tergolong kepada penelitian kualitatif bila dilihat dari aspek datanya. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di MAN Bintan dari bulan Januari hingga April tahun 2022. Subyek untuk perolehan sumber data dalam penelitian ini ialah guru Bimbingan dan Konseling. Pengumpulan data terlaksana melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display dan verifikasi data. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling memainkan posisi sentral dalam pengembangan perilaku moderasi beragama peserta didik di MAN Bintan yang tercermin dari perannya sebagai informator, fasilitator, motivator, dan pembimbing.
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Arianti. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. 10.30863/didaktika.v12i2.181
Arif, K. M. (2021). Concept and Implementation of Religious Moderation in Indonesia. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(1), 90–106. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i1.1212
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (6th ed.). Rineka Cipta.
Atqia, W., & Abdullah, M. S. R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Moderasi Agama di Tengah Polemik Islamophobia. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 65–77. https://doi.org/10.52266/tadjid.v5i1.631
Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15–29. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/130
Aziz, A. (2020). Akar Moderasi Beragama di Pesantren (Studi Kasus Di Ma’had Aly Sukorejo Situbondo dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama). Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 142–157. http://www.ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/982
Bachrong, F., & Ansar, F. A. (2021). Religious Moderation in Karapasan the Local Culture of Tana Toraja Community in South Sulawesi. Al-Qalam, 27(1), 63–72. https://doi.org/10.31969/alq.v27i1.973
Bungin, M. B. (2007). Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Chairiyah, Nadziro, & Pratomo, W. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Flashcard Powerpoint di SDN Berbah 2 Sleman. Jurnal Persada, 4(1), 46–50. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i1.1195
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson.
Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309–324. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v5i2.630
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Ellison, C. G., Fang, Q., Flannelly, K. J., & Steckler, R. A. (2013). Spiritual Struggles and Mental Health: Exploring the Moderating Effects of Religious Identity. The International Journal for the Psychology of Religion, 23(3), 214–229. https://doi.org/10.1080/10508619.2012.759868
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development, 1(1), 195–202. http://confference.iainptk.ac.id/index.php/icrhd/article/view/17
Fauzi, Anggreta, S., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Hadiat, & Syamsurijal. (2021). Mengarusutamakan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 158–167. https://doi.org/10.5281/zenodo.5508208
Hamdi, S., Munawarah, & Hamidah. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8191
Hamid, A., Nasikhuddin, M., & Usriyah, L. (2021). Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama: Studi Kasus di Kecamatan Kaliwates dan Yayasan Yatim Piatu LKSA Darusshibyan Jombang Jember. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i1.1
Haris, A. (2022). Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di SMAN 5 Kota Tasikmalaya. Edukimi Islam| Journal of Magister Islamic Religious Education, 1(1), 19–25.
Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182
Heriyanti, K. (2020). Moderasi Beragama Melalui Penerapan Teologi Kerukunan. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, Dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 61–69. https://doi.org/10.55115/duta.v4i1.783
Hermawan, A. (2020). Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43.
Hernawan, W., Riyani, I., & Busro, B. (2021). Religious Moderation in Naskah Wawacan Babad Walangsungsang: A Sundanese Religious Diversity Wisdom. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–13. https://doi.org/10.4102/HTS.V77I4.6773
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Ismi, N., & Akmal. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304
Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 59–74.
Khotimah, H. (2020). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008
Maherah, R. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada Siswa. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 209–232. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i1.2433
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 204–222. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis. Sage Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Minarni, A. (2021). Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 64–73. http://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/18
Mubarok, Ardela, G., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115–130. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616
Nafa, Y., Sutomo, M., & Mashudi. (2022). Wawasan Moderasi Beragama dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), 69–82. 10.35316/edupedia.v7i1.1942
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59–70. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Pajarianto, H., Pribadi, I., & Sari, P. (2022). Tolerance Between Religions Through the Role of Local Wisdom and Religious Moderation. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7043
Paramida, C., Sulistyarini, & Hidayah, R. Al. (2019). Peran Guru Sosiologi Meningkatkan Literasi Informasi Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1–7. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37779
Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507
Rahmat, N., Sepriadi, & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229–243. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471
Remiswal, & Firman, A. J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kebijakan Holistik Integratif Kepala TK Al-Fadlilah Sambilegi Kidul Yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 169–183. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5673
Remiswal, Kustati, M., Ritonga, M., Perrodin, D. D., & Firman, A. J. (2022). Religious Education for Schools Within Conflict-Prone Zones: An Inclusive Multicultural Approach. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 412–420. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.127
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Samsul, A. R. (2020). Peran Guru Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715
Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMPN 1 Mayang Kelas IX. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 80–85. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11797
Saugadi, & Rudini, M. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar di SMA Negeri 2 Tambun. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 10–14. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/102
Senjaya, F. (2020). Modernisasi Beragama: Peran Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 121–133. https://www.jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/195
Sihotang, H. (2013). Peran Guru Yang Profesional dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah. Elemantary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2), 57–68. http://repository.uki.ac.id/583/
Sudrajat, T., Supiana, & Zakiah, Q. Y. (2021). Higher Education, Nation Character, and Religious Moderation Program: A Public Policy Perspective. Journal of Asian Social Science Research, 3(1), 73–92. https://doi.org/10.15575/jassr.v3i1.35
Suhartono, & Darmayanti, T. (2015). Pemodelan Pembimbingan Praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Pada Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(1), 10–28.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Syaifullah. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(2), 17–27. https://doi.org/10.33627/es.v2i1.63
Syarifuddin. (2018). Guru Profesional: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i1.3
Wibisono, Y. (2020). Revitalisasi Peran Strategis Penghulu dalam Pelayanan Kegamaan Masyarakat dan Pengarusutamaan Moderasi Beragama. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 14(2), 192–205. https://doi.org/10.56997/almabsut.v14i2.450