PENGARUH PENGETAHUAN, MODAL INVESTASI AWAL DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNTUK BERINVESTASI DI IPOT
Main Article Content
ABSTRAK
Pada zaman sekarang ini investasi merupakan suatu hal yang sangat umum bagi masyarakat, terlebihnya di kalangan mahasiswa. Investasi merupakan suatu alternatif yang bisa digunakan oleh mahasiswa. Sebelum mengambil keputusan berinvestasi mahasiswa terlebih dahulu memahami mengenai investasi, modal dalam berinvestasi dan risiko dari investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan, modal investasi awal dan persepsi risiko terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa FEBI di IPOT. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengetahuan, modal investasi awal dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEBI untuk berinvestasi di IPOT. Variabel pengetahuan, dan persepsi risiko secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa FEBI untuk berinvestasi di IPOT sedangkan modal investasi awal secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa FEBI untuk berinvestasi di IPOT.
Kata Kunci : Pengetahuan, Modal Investasi Awal, Persepsi Risiko, Keputusan Berinvestasi
Bening. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investor, Persepsi Risiko, Dan Motivasi Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah (Studi Kasus Pada Investor Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Wali Songo Semarang). Skripsi. UIN Wali Songo. Semarang.
Dewi, N. N., & dkk. (2017). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Berinvestasi. Jurnal ilmiah akuntansi.
Fahmi, I. (2014). Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi. Bandung: Afabeta.
Idxchannel. (2021). Bingung Mau Investasi? Yuk Cek Cara Beli Saham dengan Modal Rp.100ribu.Diambilpada20Juli,2022,darihttps://www.idxchannel.com/marketnews/bingung-mau-investasi-yuk-cek-cara-beli-saham-dengan-modal-rp100-ribu
Jusuf. (2018). Prilaku Konsumen Dimasa Bisnis Aman. Yogyakarta: CV.Andi Offset. K. Lusiana. (2012). Usaha Penanaman Modal Di Indonesia . Jakarta : PT. Raja Granfindo Persada.
Naresh, M. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan . Jakarta : PT. Indeks.
Nadilla, T., & Nst, M. S. (2022). Investment in Islamic Perspective. International Muktamar for Arabic Language and Islamic Studies, 1(1), 86-93.
Nisa, & Zulaika. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi,Modal Minimal dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Jurna PETA, 22-35.
Prasetya, E. (2015). Aplikasi Smart Investment Planner Berbasis Web. Jurnal Com Tech.
Pinem. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Modal Investasi, Dan Motivasi Investasi Terhadap keputusan Berinvestasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Prasetyo, & Jannah. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada.
Ramadan (2019) Pengaruh Motivasi, Pengetahuan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investor Berinvestasi Di Saham Syariah (Studi Kasus Investor FAC Sekuritas Cabang Bengkulu). Tesis. IAIN Bengkulu. Bengkulu.
Rosyidah, & Lestari. (2013). Relegiusitas Persepsi Risiko Dalam Pengambilan Keputusan Berinvestasi Pada Perspektif Gender. Jurnal Busines & Banking.
Sarawatari. (2020). Pengaruh Persepsi Risiko, Ekspektasi Return, Behavioral Motivation dan Kemajuan Teknologi Terhadap Keputusan Investasi di Peer To Peer Lending Syariah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Sumarwan, U. (2017). Prilaku Komsumen Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tambunan, E. H. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Kontruksi di BEI. Jurnal EMBA.
Wulandari, D. A., & Iramania. (2014 ). Studi Experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidence, dan risk perseption pada pengambilan keputusan investasi dosen ekonomi. Jurnal of busines and banking, 57.