Penerapan Model Pembelajaran Continuous Writing Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Menulis Puisi Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2395Keywords:
Continous Writing , Peningkatan, PuisiAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan nilai menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lhokseumawe, penerapkan model pembelajaran yaitu continuous writing. Metode yang digunakan pada penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK, PTK ini gabungan dari dua jenis pendekatan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Aspek yang dinilai pada tes menulis teks puisi adalah unsur fisik dalam puisi yaitu perwajahan puisi, diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa (majas) dan rima/irama. Batas keberhasilan yaitu 70% siswa mencapai KKM dengan nilai 72. Hasil dari penelitian ini adalah tes awal siswa mendapatkan nilai rata-rata 46,18 dengan siswa yang lulus KKM hanya 3 orang atau hanya 11,1% yang tuntas pada tes awal ini. Siklus I siswa mendapat nilai rata-rata yaitu 61,89 siswa yang tuntas mencapai 40,7% atau 11 siswa yang tuntas. Siklus II siswa mendapat nilai rata-rata yaitu 79,55 sehingga siswa yang tuntas mencapai 81,5% atau 22 siswa yang tuntas pada tes akhir siklus II, karna pada siklus II siswa yang lulus mencapai 81,5% dan telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 70% sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil.
References
Abimubarok, A. 2021. Pembelajaran Puisi yang Bermakna di Sanggar Sastra Sekolah. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7651
Arianti, Rita. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement division) Siswa Kelas X Akuntansi SMK Terpadu Ismailiyah Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.1890
Arikunto, Sursimi, Suhardjo, dan Supriadi. 2022. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara. diakses dari https://ipusnas.id pada tanggal 12 Agustus.
Deli, Ratna. 2022. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas VIII A SMPN Manarai no 18 Kepulauan Selayar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendas Mahakam, volume 7 (2):192-200, diakses pada tanggal 11 Mei 2023. https://sinta.kemidikmud.go.id
Djumingin Sulastriningsiy 2018. Rubrik Penelitian, Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM. kawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3). https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2662
Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3). https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2662
Febriani, Rina. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 142, diakses pada tanggal 6 Juni 2023, https://ipusnas.id.
Herwan, FR. Ayo Menulis Puisi. 2021. Subha mandiri jaya. https://ipusnas.id, diakses pada tanggal 24 Mei 2023.
Istaransi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Media Persada.
Isrok’atun, dan Rosmala Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika, Jakarta. PT Bumi Aksara. diakses dari https://books.google.com pada tanggal 08 Agustus 2022.
Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu 5(4), 1900-1908. https:/ /doiorg/1.31004/basicedu.v5i4.1104
Aqlima Delia dan Moh Lutfi. (2020). Analisis Puisi Penyair Wanita Aceh Karya. 2, 86–96. https://doi.org/10.47766/literatur.v2212.1792
Laila, A. (2016). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.842
Majid (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe. Jurnal Pendidikan 2(1), 1–8.
Muslich, Manur. 2013. melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Propesional guru.. Jakarta. bumi aksara.
Munir, S., Haryati, N., & Mulyono, S. (2013). Diksi Dan Majas Dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno W.S: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. http://sinta.kemedikbud.go.id.
Octavia, Shiphy.A . 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: deepublish. Diakses books.google.co.id pada tanggal 1 september 2020.
Puspita, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas X SMA Negeri 02 Bengkulu Tengah dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3456.
Prawesti C. D. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kretek.
Satria, dkk. 2016. Meningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai Siswa Kelas V SD Inpres Talise Palu. Jurnal Bahasatodeo. Volume 4. No 4 : hal 52, diakses tanggal 4 Juni 2023, https:/ /garuda.kemdikbud.go.id.
Sursimi, Arikunto. 2021. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara. diakses dari https://ipusnas.id pada tanggal 12 Agustus 2022.
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92
Suprianta, dan Kasupardi, Endang. 2021.pengembangkan keterampilan menulis, Jakarta Barat, PT. Multi Kreasi. E-book https://ipusnas.id. diakses pada tanggal 12 Agustus 2022.
Sudjana. 2005. Metode Penelitian. Bandung. Tarsito.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Taryo,dkk. 2019.Erlangga Fokus UN 2019. Untuk SMA/MA. Jakarta.Penerbit Erlangga.
Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1900–1908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1104
Waruwu, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167–173. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24.
Yuliana, Ika. Puisi Lama dan Puisi Baru. Yogyakarta, Penerbit Intan Pariwana. diakses pada tanggal 10 agustus 2022, https://ipusnas.id.
Yulita, Andriani. 2022. Meningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan. (skripsi. Universitas borneo tarakan). hlm 34. diakses pada tanggal 11 Mei 2023.