Pematuhan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Smp Negeri 7 Lhokseumawe

Authors

  • Rifka Fitrah Sekolah Menengah Pertama 7 Lhokseumawe, Indonesia
  • Rachel Yoan Katherin Putri Siahaan Akademi Informatika dan Komputer Medicom, Indonesia
  • Muhammad Ayyinna Yusron El Farouq UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Arditya Prayogi Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2562

Keywords:

Maksim, Kesantunan, Pematuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 7 Lhokseumawe, sedangkan datanya berupa dialog siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui teknik observasi, teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe, terdapat tuturan yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa sebanyak 26 data. Dari keenam jenis maksim yang dijabarkan oleh Leech, peneliti hanya menemukan empat maksim dalam pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Jadi, dapat dikatakan bahwa tuturan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe masih banyak siswa yang menggunakanan bahasa yang santun.

References

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7345

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180

Diani Febriasari, W. W. dkk. (2018). Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekoloah Dasar. 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2557

Erwin. (2021). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.7081

Fauzan, E. (2021). Pematuhan dan Pelanggaran Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar YouTube Atta Hallilintar: Kajian Pragmatik. Literatur, 3(2), 16–30. https://doi.org/DOI 10.47766/literatur.v3i2.1446

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

Ilham, I., Sukri, S., & Mahyudi, J. (2022). Friksi dalam Interaksi Pribadi Ali Mochtar Ngabalin dalam Dialog Acara Mata Najwa di Trans 7: Kajian Kesantunan Perspektif Teori Robin Lakoff. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1863–1874. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3505

Ismail Suardi Wekke, D. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202

Kunjana, R. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Kusumaswarih, K. K. (2018). Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Belajar Bahasa, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bb.v3i2.1583

Laia, A. (2018). Analisis Maksim Kebijaksanaan dan Maksim Permufakatan dalam Film Lua-Lua Mböwö Sebua Karya Ponti Gea. Jurnal Education and Development, 5(1), 87–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v5i1.499

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia Press.

Lili Agustina, & Muhammad Yunus. (2023). Pematuhan Kesantunan dalam Kanal Animasi Santoon TV di Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2101

Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jar.v1i2.7384

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muslihah, N. N., & Febrianto, R. (2017). Pematuhan dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(1), 99–118. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.92

Mustika, I. (2013). Mentradisikan Kesantunan Berbahasa: Upaya Membentuk Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p1%20-%2011

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218–224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan., 4(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer pada Pembentukan Skema Konseptual Yyang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Smp N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591

Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167

Safitri, T., Triana, L., & Sari, V. I. (2020). Penerapan Maksim Kebijaksanaan dalam Interaksi Sosial Generasi Muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 325–338. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3960176

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suparman, N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 16(2), 141–156. https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2185

Wahidah, Y. L., & Wijaya, H. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1239

Downloads

Published

2024-06-30