Pematuhan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Smp Negeri 7 Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2562Keywords:
Maksim, Kesantunan, PematuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 7 Lhokseumawe, sedangkan datanya berupa dialog siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui teknik observasi, teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe, terdapat tuturan yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa sebanyak 26 data. Dari keenam jenis maksim yang dijabarkan oleh Leech, peneliti hanya menemukan empat maksim dalam pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Jadi, dapat dikatakan bahwa tuturan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe masih banyak siswa yang menggunakanan bahasa yang santun.
References
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7345
Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180
Diani Febriasari, W. W. dkk. (2018). Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekoloah Dasar. 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2557
Erwin. (2021). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.7081
Fauzan, E. (2021). Pematuhan dan Pelanggaran Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar YouTube Atta Hallilintar: Kajian Pragmatik. Literatur, 3(2), 16–30. https://doi.org/DOI 10.47766/literatur.v3i2.1446
Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Ilham, I., Sukri, S., & Mahyudi, J. (2022). Friksi dalam Interaksi Pribadi Ali Mochtar Ngabalin dalam Dialog Acara Mata Najwa di Trans 7: Kajian Kesantunan Perspektif Teori Robin Lakoff. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1863–1874. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3505
Ismail Suardi Wekke, D. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202
Kunjana, R. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.
Kusumaswarih, K. K. (2018). Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Belajar Bahasa, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bb.v3i2.1583
Laia, A. (2018). Analisis Maksim Kebijaksanaan dan Maksim Permufakatan dalam Film Lua-Lua Mböwö Sebua Karya Ponti Gea. Jurnal Education and Development, 5(1), 87–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v5i1.499
Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia Press.
Lili Agustina, & Muhammad Yunus. (2023). Pematuhan Kesantunan dalam Kanal Animasi Santoon TV di Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2101
Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jar.v1i2.7384
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muslihah, N. N., & Febrianto, R. (2017). Pematuhan dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(1), 99–118. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.92
Mustika, I. (2013). Mentradisikan Kesantunan Berbahasa: Upaya Membentuk Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p1%20-%2011
Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218–224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan., 4(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer pada Pembentukan Skema Konseptual Yyang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574
Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Smp N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591
Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Safitri, T., Triana, L., & Sari, V. I. (2020). Penerapan Maksim Kebijaksanaan dalam Interaksi Sosial Generasi Muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 325–338. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3960176
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suparman, N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 16(2), 141–156. https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2185
Wahidah, Y. L., & Wijaya, H. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1239