PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBENTUKAN PEMERINTAHAN PERTAMA RI DI KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v12i1.1241Keywords:
Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar Peserta Didik, Pembentukan Pemerintahan Pertama RIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pembentukan pemerintahan pertama RI melalui penerapan model pembelajaran problem solving di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron tahun pelajaran 2021/2022 ditinjau dari aktivitas guru (peneliti), aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Lokasi penelitian ini adalah di tempat peneliti mengajar yaitu di SMA Neegeri 1 Syamtalira Aron. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang direncanakan akan dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari s/d Maret 2022, dimulai dari persiapan, pelaksanaan penelitian dan pembuatan laporan. Subjek penelitian ini adalah XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siklus, pengamatan aktivitas guru (peneliti) dan peserta didik dalam pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif memakai rumus persentase. Pada Siklus I memiliki ketuntasan klasikal sebesar 76,92%, sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 19,23% menjadi 96,15%. Aktivitas peneliti sebagai guru mengajar pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 3,,24 dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 4,41 dengan kategori baik, serta mengalami peningkatan sebesar 1,17 dari siklus I. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I berada pada kategori cukup, dengan persentase sebesar 61,67%. Pada siklus II aktivitas peserta didik mengalami peningkatan persentase sebesar 23,22% menjadi 85% dengan berkategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkn hasil belajar peserta didik pada materi pembentukan pemerintahan pertama RI di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.