KOMUNIKASI POLITIK DI ERA MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.47766/atjis.v2i1.1731Keywords:
Komunikasi Politik, Media SosialAbstract
Komunikasi menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam membangun interaksi antar sesamanya. Begitu juga dalam realitas kehidupan politik. Komunikasi politik merupakan suatu proses komunikasi yang memiliki implikasi atau konsekuensi terhadap aktivitas politik, Komunikasi politik dapat diartikan juga sebagai proses penyampaian pendapat, sikap dan tingkah laku orang, lembaga, atau kekuatan politik, dalam rangka mempengaruhi pengambilan keputusan politik. Pada prinsipnya, komunikasi politik merupakan komunikasi yang mengacu pada kegiatan politik, Media sosial berbeda dengan media massa karena sifatnya yang interaktif, “media sosial adalah media yang mewadahi kerjasama di antara pengguna yang menghasilkan konten (user generated content)”. Media sosial dan perangkat lunak sosial merupakan alat untuk meningkatkan kemampuan pengguna untuk berbagi (to share), bekerja sama (to co-operate) diantara pengguna dan melakukan tindakan secara kolektif yang semuanya berada diluar kerangka institusional maupun organisasi
References
Asih, Irsant i Widuri. 2011. “Media Sosial dan Polit ik: Sarana E-Democracy atau SekadarPepesan Kosong?” dalam Proceeding Semnas FISIP-UT,hal.452-465.
Banten 2011” dalam Jurnal UMN Volume III Nomor 2 Desember, hal.23-34.
Budiyono. Media Sosial dan Komunikasi Politik: Media Sosial sebagai Komunikasi Politik Menjelang PILKADA DKI JAKARTA 2017. Jurnal Komunikasi Vol. 11 No. 1 Tahun 2016
Campaign.http://www.tcd.ie/policy-institute/assets/pdf/PL_Chavez_March12.pdf,
Chavez, Jonathan. 2012. #Fail: The Misuse of Social Media Campaign in the 2012 US Presidential
Finet, Dayna. 2001. “Sociopolit ical Environments and Issues” dalam The New Handbook of Organizational Communication: Advances in Theory, Research, and Methods. Fredric M. Jablin & Linda L. Putnam (Eds). Thousand Oaks:SAGE
Fitch, Kate. 2009. “Making friends in the Wild West: Singaporean public relat ions practit ioners’ perceptions of working in social media” dalam PRism 6(2), hal 1-14
Guervitch, Michael., Coleman, Stephen., Blumler, Jay G. 2009. “Polit ical Communicat ion Old and New Media Relationships” dalam The ANNALS of the Amreican Academy of Political and Social Science 625, hal.164-182.
http://www.ensani.ir/,diakses 21 Juli 2013
Momoc, Antonio. 2011. “New Media and Social Media in the Political Communicat ion” dalam The 6th Edit ion of The International Conference European Integration-Realities and Perspectives, hal.556-562.
Political Studies, Vol. 1, Issue 2 University of the Punjab Lahore,hal. 161-173.
Putra, Afdal Makkuraga. 2011. “Media Baru dan Fenomena Komunikasi Politik pada Pemilukada di ropinsi
Stieglitz, Stefan & Dang-Xuan, Linh. 2012. Social media and political communication: a social Media
Analyticsframework.http://www.researchgate.net/publication/235632721_Social_Media_and_Political_Communication_A_Social_Media_Analytics_Framework/file/79e41512111a26d3f3.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.