Pengaruh Media Puzzle Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 6 Aceh Utara
Main Article Content
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 6 Aceh Utara pada pelajaran IPA dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah media Puzzle Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzle Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 6 Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 6 Aceh Utara yang berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian adalah siswa dari dua kelas yaitu 25 siswa kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Penarikan sampel penelitian menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes berbentuk pretest dan posttest, dengan analisis data menggunakan spss 23. Pengujian hipotesis menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 4,661 > ttabel = 2,011 pada taraf signifikansi 0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Puzzle Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 6 Aceh Utara, karena media Puzzle Picture dapat memberikan dampak yang positif terhadap siswa baik dalam memahami materi, mengasah daya pikir kritis maupun mengajak siswa lebih aktif dan terampil dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Puzzle Picture, Pelajaran IPA
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Puzzle Picture, Pelajaran IPA
Aiman, Ummu, and Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad. (2020 ). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1(1), 1-5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.
Dalle, Sunarti Ambon. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MAN 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1(1), 18-25, https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2986.
Karisma, I Komang Eri, I Gede Margunayasa, & Pinkan Amita Tri Prasasti. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2), 121-130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index.
Ritonga, Siti Jawiyah. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air dengan Menggunakan Media Puzzle di Kelas V SD Swasta Waladun Shalih. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Safitri, Nanda Anggun Bayu. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia.
Widiana, I. Wayan, Ndara Tanggu Rendra, & Ni Wayan Wulantari. (2019). Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review 2(3), 354-362. http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.g14041.
Wulandari, Tika, Rini Rita T Marpaung, and Darlen Sikumbang. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPA Menggunakan Media Puzzle terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah 8(3), 33-38. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/