Pengembangan LKPD Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Website Canva.com Materi Alat Indra pada Manusia terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas IV SDN 95/96 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022
Main Article Content
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA yang valid dan praktis terhadap peningkatkan literasi sains peserta didik kelas IV SDN 95/96 Binjai. LKPD yang dikembangkan didesain menggunakan website canva.com dengan penggambaran contoh-contoh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari terkait alat indra pada manusia, LKPD yang dikembangkan berbasis literasi sains untuk peserta didik. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE. Terdapat 5 (lima) tahapan dalam dalam pengembangannya, yaitu (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perancangan produk awal (design), (3) tahap pengembangan produk (development), (4) tahap implementasi produk (implementation), dan (5) tahap evaluasi produk (evaluation). Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap implementasi produk (implementation), dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk LKPD diperoleh dari hasil analisis validasi ahli materi yaitu 95,71% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli desain media diperoleh 80% dengan kategori valid. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan, dengan persentase yang diperoleh dari angket respon pendidik yaitu 86% dan peserta didik sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis, serta terdapat peningkatan literasi sains peserta didik ditinjau dari uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,78 sehingga masuk dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: LKPD IPA, website canva.com, literasi sains.
Abstract
This study has the aim of developing a valid and practical Science Student Worksheet (LKPD) for increasing scientific literacy of fourth grade students at SDN 95/96 Binjai. The LKPD developed was designed using the canva.com website with illustrations of examples of activities in everyday life related to the senses in humans, the LKPD developed was based on scientific literacy for students. This LKPD is prepared using the ADDIE model of Research & Development. There are 5 (five) stages in its development, namely (1) analysis stage (analysis), (2) initial product design stage (design), (3) product development stage (development), (4) product implementation stage (implementation) , and (5) the product evaluation stage (evaluation). However, this research and development only reached the product implementation stage (implementation), due to time and energy limitations. The results showed that the validity of the LKPD product was obtained from the results of the material expert validation analysis, namely 95.71% with a very valid category. The results of the analysis from the validation of media design experts obtained 80% with valid categories. Educators and students gave a positive response to the developed LKPD, with the percentage obtained from the educator response questionnaire that was 86% and 92% of students with very practical criteria, and there was an increase in students' scientific literacy in terms of the N-Gain test which obtained a score 0.78 so that it is included in the high category.
Keywords: IPA LKPD, website canva.com, scientific literacy.
Adriani, dkk. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, 2(2).
Armelia, D. (2015). “Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPS”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dian Utami, dkk. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1).
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HWD.DEV.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 81-88.
Nini. D. E. (2019). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Program Latex Berbantuan Canva Pada Materi Peluang”. Skripsi. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Nisa, W & Hayat, S. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Jurnal EDUSAINS, 8(1).
Nizar H, Somakim & Yusuf, M. (2016). Pengembangan LKS Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Irisan Dua Lingkaran, Jurnal Eleme, 2(2).
Noviana, M & Teguh, J. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Porwekerto ditinjau dari Aspek Konten, Proses dan Konteks Sains. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora. ISSN : 2579-9088.
Novitasari, E., Masykuri, M.. & Aminah, N. S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTs. Inkuiri, 5(1).
OECD, (2018), Assessment and Analytical Framework for PISA 2018, France : OECD Publishing.
Pawestri & Maria. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3).
Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2).
Rahmatullah, dkk. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2).
Rahmawati, I. (2020). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA untuk Mengajarkan Ketermpilan Literasi Sains Siswa Kelas V di SDIT Ya Bunayya Pujon”. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Ridwan. (2013). Cara Mudah Belajar SPSS 17 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ridwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Setyosari. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.
Sumartati, L. (2010). Pembelajaran IPA Berbasis Scien-tific And Technological Literacy (STL). Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung. 4 (9).
Susan, A. (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Dengan Tema Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup untuk Kelas VII SMP”. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Tiara, M & Erwin, R. S. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2).
Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Warda, A., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Implementasi Model Discovery Learning Pada Sub Materi Pemanasan Global. E- Journal Pensa, 238-242.
Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).