Implementasi Sistem Organisasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Merangin
Main Article Content
Peningkatan kesadaran masyarakat sebagai sebuah sistem merupakan aspek fundamental dalam membangun sekolah yang efektif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Merangin menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dinamika sekolah sebagai suatu sistem dalam membentuk sekolah unggulan mengacu pada pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Dengan implementasi implementasi implementasi sistem organisasi pada SMK Negeri 1 Merangin diharapkan menghadirkan solusi dalam membangun sistem organisasi yang baik di lembaga pendidikan. Fokus penelitian terdiri dari (1) kepala sekolah dalam menjalankan sistem organisasi; (2) ketercapaian tujuan sekolah; dan (3) faktor yang menjadi kesalahan implementasi sistem organisasi.
Alasuutari, Pertti, Leonard Bickman, and Julia Brannen. 2008. The SAGE Handbook of Social Research Methods. Sage.
Collins, Denis. 1997. “The Ethical Superiority and Inevitability of Participatory Management as an Organizational System.” Organization Science 8(5): 489–507.
Davis, Gordon B et al. 1997. Model Curriculum and Guidelines for Undergraduate Degree Programs in Information Systems. ACM.
Gilley, Ann, Jerry W Gilley, and Heather S Mcmillan. 2009. “Organizational Change: Motivation, Communication, and Leadership Effectiveness.” Wiley Inter Science 21(1): 75–94. www.interscience.wiley.com.
Idi, Abdullah. 2011. “Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan.” Jakarta: Rajawali Pers.
Istikomah. 2019. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 4 Di Kota Jambi.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 3(2): 39–55. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Jr., Raymond McLeod, and George P. Schell. 2014. Management Information Systems, 9th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukhtar, Risnita, and Istikomah. 2019. “The Influence of Principals’ Leadership Style, the Organizational System and Work Motivation on School Effectiveness.” International Journal of Scientific and Technology Research 8(11): 91–104.
Mulyasa, Deddy. 2011. Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: Rosda Karya.
Nisjar, Kahri, and Winardi. 1997. Teori Sistem Dan Pendekatan Sistem Dalam Bidang Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. 2018. “Sistem Pasar Output Pendidikan Islam.” At Ta’dib 2: 136–53.
Prawiresentono, Suyadi, and Dewi Primasari. 2016. Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Koorporasi, (Strategic Management & Corporate Decision Making). 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Rivai, Veithzal, and Sylviana Murni. 2009. Education Management. Analisis Teori Dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, Stephen P. 2010. Organization Theory: Structure, Design, and Applications. New York: Prentice Hall.
Robbins, Stephen P., and Mary Coulter. 2016. Management. New Jersey: Prentice Hall.
Saira Yousaf et.al. 2014. “Impact of Financial and Non Financial Rewards on Employee Motivation.” Middle-East Journal of Scientific Research 21(10).
Sartika, Didi. 2018. “Kecerdasan Manajemen Dalam Pengelolaan Sekolah Unggulan.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 2(2): 92–116. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Shrode, William A, and Dan Voich. 1974. Organization and Management: Basic Systems Concepts. McGraw-Hill/Irwin.
Smith, K. Langfield. 1997. “Management Control Systems and Strategy: A Critical Review.” Accounting Organization and Society.
Sunyoto, Danang, and Burhanudin. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian. Jakarta: Buku Seru.
Supardi. 2015. Sekolah Efektif, Konsep Dasar Dan Praktiknya. 2nd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Triatna, Cepi. 2016. Perilaku Organisasi Dalam Pendidikan Dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Uha, Ismail Nawawi. 2015. Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kinerja. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Usman, Husaini. 2013. Manajemen, Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan Edisi 4. 4th ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Vigoda-Gadot, Eran, Itai Beeri, Taly Birman-Shemesh, and Anit Somech. 2007. “Group-Level Organizational Citizenship Behavior in the Education System: A Scale Reconstruction and Validation.” Educational Administration Quarterly 43(4): 462–93.
Winardi, J. 2012. Manajemen Perilaku Organisasi, Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
———. 2014. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Cet ke-8. Jakarta: Raja Grafindo Persada.