Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam)
Main Article Content
Kompleksitas permasalahan pendidikan tinggi akibat kerumitan memahami filsafat, untuk itu perlu sebuah desain kurikulum yang membuat mahasiswa faham dan bijak menyikapi ilmu yang dipelajari. Penelitian ini membahas pengembangan kurikulum jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IAIN Lhokseumawe yang juga merupakan bentuk implementasi kebijakan pemerintah melalui revisi kurikulum KKNI. Mengingat peran fundamental ilmu filsafat, maka perlu kajian mendalam dalam kajian manajemen sehingga lahirlah mata kuliah Filsafat Manajemen sebagai salah satu bagian implementasi kurikulum KKNI pada jurusan MPI di IAIN Lhokseumawe. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui hasil observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh Filsafat manajemen memberikan pengertian tentang hubungan positif antara kepercayaan dengan praktek. Praktek manajemen yang dilandasi kepercayaan akan nilai agama adalah yang paling efektif dan mengakar. Melalui pemahaman yang komprehensif antara pemikiran filosofis dengan praktek manajemen mampu menciptakan harmonisasi kerja dan peningkatan ukhuwah antar individu dalam sebuah organisasi pendidikan. Kompetensi dalam mengkonstruk pemikiran menjadi hal kongkrit yang dipraktekan dalam pola manajerial dapat dilakukan dengan tahap berikut (1) mengidentifikasi masalah; (2) internalisasi nilai keislaman dalam pengambilan keputusan; (3) pelaksanaan manajemen dengan pendekatan filosofis tentang orientasi keumatan; dan (4) pengembangan kompetensi menghadapi tantangan masa depan.
Ahmad, Beni Saebani & Koko Komaruddin, 2006, Filsafat Manajemen Pendidikan, Jakarta: Pustaka Setia.
Dietz, Thomas. 2003. What is a good decision? Criteria for Environmental Decision Making. Human Ecology Review 10 (1): 33–39.
Haris Harmawan, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag. RI.
https://rickconlow.com/leadership-lesson-learned-never-taught/2018.
Mudyahardjo, Redja. 2006. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rosda Karya.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nata, Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Ozmon, Howard A., et al. 1995. Philosophical and Foundations of Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Rediehs, Laura. 2015. Truth and nonviolence: Living experimentally in relation to truth. In Befriending truth: Quaker perspectives, ed. Jeffrey Dudiak. Philadelphia, PA: Friends Association for Higher Education.
Renn, Ortwin, Thomas Webler, and Peter Wiedemann. 1995. Fairness and competence in citizen participation: Evaluating models for environmental discourse. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Tafsir, Ahmad. 2001, Akal dan Hati dari Thales sampai Capra, Bandung: Rosdakarya.
Tilaar, H.A.R. Quo Vadis Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Muklis Kantor, Filsafat Manajemen, (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2017), h al. 17.
https://www.britannica.com/biography/Charles-Babbage
Mulder, P. (2017). Human Relations Theory by Elton Mayo. Retrieved [insert date] from ToolsHero: https://www.toolshero.com/management/human-relations-theory-elton-mayo/
https://bizfluent.com/info-8580785-types-management-philosophy.html
https://www.business.com/articles/management-theory-of-frederick-taylor/