PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING APLIKASI EDMODO
DOI:
https://doi.org/10.47766/atjis.v2i1.1733Keywords:
e-Learning, Aplikasi Edmodo, komunikasi matematisAbstract
e-Learning dengan aplikasi edmodo adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media jaringan komputer lain. Penelitian ini bertujuan; untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Unimal yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan e-learning dengan aplikasi edmodo. Dengan adanya e-learning proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efesien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Unimal. Sampel yang terpilih mahasiswa Unit A2 dan A3 Teknik Sipil Fakultas Teknik Unimal. Hasil analisis menunjukkan bahwa; ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Unimal yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan e-learning dengan aplikasi edmodo.
References
Afgani, D. J. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Escuder, Ana., Furner, Joseph M. 2011. Impact of GeoGebra in Math Teacher's Professional Development. Proceedings of the Twenty-third Annual International Conference on Technology in Collegiate Mathematics. 17-20 Maret 2011. Denver, Colorado, Hal. 76-84.
Fadli, Basuki Wibawa, Zulfiati Syahrial. 2013. Design Of Social Network Learning Model. PROCEEDINGS The First South East Asia Design/ Development Research (SEA-DR) International Conference“Design Research for Change and Innovation” 22 – 23 April 2013. Palembang, ISBN : 978-602-17465-1-6.
Kosasi Sandy. 2015. Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dosen dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2015). 12 September 2015. Singaraja –Bali, ISSN 2087-2658.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar kepada Membantu Dosen dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Saputro, Bagus Ardi., Prayito, Muhammad., dan Nursyahidah, Farida. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 6 (1): 34-39
Sadirman. 2007. Pendekatan Pembelajaran Matematika dengan Komunikasi Matematika. Bandung: CV Media Utama.
Saragih, S. 2007. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik mahasiswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Doktor pada PPS UPI: Tidak diterbitkan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Sudjana. 2005 Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Turmudi. 2010. Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. Bandung: JICA FPMIPA UPI.
Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Dosen dan Guru.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Zahari, CL. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa dengan Media Autograph pada Siswa Kelas XII IPA SMU Swasta Istiqlal Delitua. Tesis. PPS Unimed
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.