Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Tingkat MI/SD
Main Article Content
Paradigma pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan kecerdasan selayaknya mengacu pada pemberdayaan fungsi dan kinerja otak mahasiswa yang utuh. Mengelola dan mengkondisikan kelas yang kondusif adalah hal yang sangat mutlak yang harus dilakukan oleh di dalam proses pembelajarannya. motivasi belajar penting dalam menentukan hasil belajar selain itu tingginya perhatian orang tua dan motivasi belajar dapat menunjang prestasi belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis paradigma pembelajaran di dalam kelas dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa paradigma pembelajaran saat ini masih ada yang menggunakan paradigma lama dan harus diperbaharui menjadi paradigma baru agar kondisi pembelajaran dikelas lebih optimal sedangkan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui peningkatan motivasi belajar siswa.
Andriani, Rike, dan Rasto Rasto. 2019. “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 4 (1): 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, Ernawati. t.t. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mengelola Dana Kas Kecil Pada Siswa Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran SMK Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Based Learning | Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan.” Diakses 9 November 2021. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/511.
Jayawardana, H.B.A. 2017. “PARADIGMA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI ERA DIGITAL.” JURNAL BIOEDUKATIKA 5 (1): 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628.
Kiswoyowati, Amin. 2011. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEGIATAN BELAJAR SISWA TERHADAP KECAKAPAN HIDUP SISWA,” no. 1: 8.
Pratiwi, Noor Komari. 2017. “Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang.” Pujangga 1 (2): 31.
Qurniawan, Meril. 2017. “Konsep Dasar Dan Paradigma Manajemen Pembelajaran Paud.” An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial 4 (1): 61–82.
Sari, L. S. 2020. EVALUASI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. repository.iainpurwokerto.ac.id. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6926/.
Sesmiarni, Zulfani. 2016. “Model brain based teaching sebagai transformasi paradigma pembelajaran di perguruan tinggi.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1 (2).
Sinaga, Bornok. 2017. “PARADIGMA LAMA KONTRA PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.” GENERASI KAMPUS 1 (2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6940.
Susilo, Agus, dan Sarkowi Sarkowi. 2018. “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi.” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah 2 (1): 43–50.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, dan Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. “STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 115–23. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.
Tazayyuni, Ikhwalus. 2018. “Paradigma Pembelajaran.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/3918/.