Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di MI AL-HIDAYAH
Main Article Content
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemui di lapangan yang berpotensi menghambat usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang diinginkan. Kendala-kendala tersebut di antaranya: siswa tidak memiliki bekal bahasa Arab yang cukup, minimnya Kosa Kata Bahasa Arab dan siswa kurang antusias untuk belajar bahasa Arab. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat Analisis menggunakan uji homogenesis, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI AL-Hidayah 02 Betak diperoleh hasil kesimpulan yaitu berdasarkan uji gain score dapat dilihat bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai mean (rata-rata) adalah 21,17. sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean (rata-rata) adalah 25,78. Untuk uji independen T-test didapat nilai sig.(2-tailed) adalah 0.017< 0.05. Dari hasil uji T-Test tersebut terdapat perbedaan yang signifikan pada gain scorehasil belajar antara kelas eksperimen dan gain score pada kelas kontrol, di mana kenaikan nilai rata - rata kelas kontrol justru lebih besar di bandingkan pada kelas eksperimen. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media kartu dalam pembelajaran tidak berpengaruh atau kurang efektif dalam peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Arab.
Aminudin. (2014). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Munzir, 7(2), 27
Arifin, Z. (2012). Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta: .Pustaka Insani Madani
Azma, dkk. (2013). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Untan, 5(2), 1 – 11
Dewi, R.E. (2018) Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional. Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan dan Pembelajaran STKIP Mattapa, 2(1), 44 – 53
Hamid, A. (2010). Mengukur Kemampuan Bahasa Arab (untuk Studi Islam). Malang: UIN MALIKI PRESS
Harjanto. (2002). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kustandi, C. , & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Mustofa, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press
Rachmawati. R.A., & Husin. (2012). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah. Jurnal Bahasa dan Kebudayaan Arab Fakultas Ilmu Pemgetahuan Budaya Universitas Al – Azhar Indonesia, 2(2), 223 - 230
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulhan, N. (2006). Pembangunan Karakter pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya : Intelektual Club
Susilana & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima