Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tipe kepemimpinan, reward dan punishment menjadi faktor penunjang naiknya performa kinerja guru. Guru yang baik dan rajin serta menempatkan dirinya benar-benar menjadi seorang guru hendaknya diberi reward sehingga ia terus termotivasi mempertahankan prestasinya tersebut. Sebaliknya, guru yang malas bekerja, mengajar dengan asal-asalan dan tidak menyadari hakikat dirinya sebagai seorang guru mestinya dikenakan sanksi (punishment) sehingga dapat memberi pelajaran baginya untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Penggunaan metode tersebut untuk menemukan hal-hal mendasar dan esensial fenomena, realitas, dan dampak pemberian reward dan punishment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi partisipatif aktif, wawancara semi-struktur bersama pimpinan pesantren, pendidik Pesantren Darul Amin Aceh Tenggara. Hasil peningkatan kinerja guru berupa peningkatan loyalitas kepada pimpinan. Peningkatan disiplin waktu pada saat mengajar, maupun rapat rutin, selain itu beberapa guru juga aktif terlibat dalam berbagaimacam kegiatan ekstrakurikuler meski tanpa honorarium. Sebenarnya faktor pendukung yang paling besar terhadap kesuksesan pelaksanaan program karena nilai-nilai kehidupan di pesantren yang sudah mangakar bagi para guru. Nilai tersebut adalah nilai keikhlasan serta rasa patuh terhadap pimpinan sebagai atasan mereka di Pesantren.
Asri Budiningsih, C. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Bleotu, V., & Maria, T. D. (2014). Strategic Priorities for Education Funding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2231–2234. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.549
Dessler, G. (2013). Human Resource Management (Thirteenth). London: Pearson Education Inc.
Goleman, D. (2000). Leadership that Gets Results. United States of America: Harvard Business School Press.
Kartono, K. (2009). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (4th ed.). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Milkovich, & Boudreau, J. W. (1997). Human Resource Management (6th Editio). San Francisco: A Times Mirror Higher Education Group Inc.
Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan, Konsep dan Aplikasi Administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern. Bandung: Alfabeta.
Prasetyo, M. A. M. (2016). The Relationship between Kyai Managerial Competence, the Management Based Islamic Boarding School (MBIBS), and the Educator’s Performance in Islamic Islamic Boarding School: Approach Concept. In The First International Conference on Law, Economics and Education Muhammadiyah University of Metro, Indonesia ISBN.
Rahmah, S. (2017). Pendidik dan Pengembangan Profesi. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 31–47.
Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Days Manusia Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rivai, V., & Basri. (2011). Performance Apprasial: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan & Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2011). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (8th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefuddin, A. F. (2005). Antropologi Kontemporer, Suatu Pengantar Kritis Mengenai Pesantren. Jakarta: Prenada Media.
Siagian, S. P. (1997). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Simamora, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Siregar, F. A. (2017). Membangun Loyalitas Tenaga Pendidik. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 117–128.
Soebahar, A. H. (2012). Kebijakan pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Depok: Raja Grafindo Persada.
Timpe, A. D. (2002). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia - 6 - Kinerja. In 6 (5th ed.). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dalam Organisasi Pembelajar, Learning Organization. Bandung: Alfabeta.
Whitmore, J. (2010). Coaching for Performance; Seni Mengarahkan untuk mendongkrak Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja (Edisi Keti). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yukl, G. (2007). Kepemimpinan Dalam Organisasi (5th ed.). Jakarta: Indeks Gramedia.
Zarkasyi, A. S. (2011). Bekal Untuk Pemimpin, Pengalaman Memimpin Gontor (1st ed.). Ponorogo: Trimurti Press.