Manajemen Evaluasi Pembelajaran Guru Terhadap Hasil dan Kualitas Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri 25 Lhoksukon
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen evaluasi pembelajaran guru di SDN Lhoksukun. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan menciptakan suasana kondusif merupakan tuntutan profesionalisme guru dalam pengelolaan kelas; (2) kemampuan guru dalam melakukan kerjasama dan disiplin siswa diketahui melalui serangkaian kegiatan teknis seperti piket, disiplin kelas, absensi,, dan pengaturan pergantian tempat duduk siswa; (3) adanya manajemen evaluasi pembelajaran memudahkan Guru SDN Lhoksukun untuk mengetahui sejauh mana hasil dari kinerja guru tersebut. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat dan lain-lainnya. Pentingnya diketahui hasil dari pembelajaran karena dapat menjadi pegangan bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik.
Akhyar, Nurul. 2018. “Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” JMPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1): 34–40.
Alfiani, Laily Nur. 2019. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi : Ikhtiar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 3(1): 86–101. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Jakarta: Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 3rd ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2017. “Buku IV - Pedoman Evaluasi Diri, Akreditasi Perguruan Tinggi Program Jarak Jauh.”
Bungin, M. Burhan. 2018. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Dali, Peter. et. al. 2016. Innovative Business Education Design for 21st Century Learning. Switzerland: Springer International Publishing.
Davis, Barbara Gross. 2013. “Perangkat Pembelajaran.” Jakarta: Rajawali Pers.
Drost, JIGM. 1999. “Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan.” Jakarta: Gramedia.
Elliot, A. J., and C. S. Dweck. 2005. Handbook of Competence and Motivation. New York: Guilford Press.
Evertson, Carolyn M., and Edmund T. Emmer. 2012. Classroom Management for Elementary Teachers (9th Edition). New Jersey: Pearson Education.
Fajar, Shadiq. 2004. “Pemecahan Masalah, Penalaran Dan Komunikasi.” Yogyakarta: Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta.
Gibson, James L. 2011. Organizations; Behavior, Structure, Processes. 14th Editi. Singapore: McGraw-Hill lnternational, Inc.
Halsey, George D. 1994. “Bagaimana Memimpin & Mengawasi Pegawai Anda, Terjemahan Anaf S.” Bagindo & M. Ridwan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran, Berdasarkan Pendekatan Sistem. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, T Hani, Rangga Almahendra, and Nurul Indarti. 2012. Manajemen Dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Malayu S. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Pengertian Dasar, Penegertian Dan Masalah. 1st ed. Jakarta: Gunung Agung.
Indonesia, Presiden Republik. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Istikomah. 2010. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang.” UIN Wali Songo Semarang.
Malik, Abdul. 2008. “Perkembangan Peserta Didik.”
Maliqi, Amir, Islam-Isaac, and Borincaj-Cruss. 2015. “The Influence of Teachers on Increasing Student’s Motivation.” Psychology 6(8).
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhajir, Al. 2017. “Manajemen Keuangan Dayah (Kombinasi Idealisme Dan Profesionalisme).” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 1(1): 64–83. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”.” Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia VIII 2(2).
Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional; Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Kencana.
O’hagan, Kieran. 2007. Competence in Social Work Practice: A Practical Guide for Students and Professionals. Jessica Kingsley Publishers.
Pangestika, Ratna Rosita, and Fitri Alfarisa. 2015. “Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia.” In Makalah Prosiding Seminar Nasional,.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. 2016. The First International Conference on Law, Economics and Education Muhammadiyah University of Metro, Indonesia The Relationship between Kyai Managerial Competence, the Management Based Islamic Boarding School (MBIBS), and the Educator’s Performance in Islamic Islamic Boarding School: Approach Concept.
Priansa, Donni Juni, and Suwatno. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, Entin Fuji. 2015. “Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik.” Manajemen Pendidikan 24(5): 357–66.
Rayini. 2008. Kajian Perilaku Kerja Dan Perilaku Organisasi Konteks Indonesia. Jakarta: Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.
Ritonga, Muhammad Arifin, and Muhammad Anggung. 2019. “Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward Dan Punishment.” IDARAH | Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 3(1): 37–51. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah.
Rohma, Ayu Alfiyatur. 2018. “Implementasi Program Kerja Pengawas Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam.” JMPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2): 91–98.
Rukajat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. Deepublish.
Sakdiyah, Kholifatus. 2018. “Strategi Pembelajaran Dan Peningkatan Efektivitas Pembelajaran.”
Sani, Abdul. 2014. Profesionalisme Guru Membangun Sekolah Unggul Berkarakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya, Wina, and Andi Budimanjaya. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Scheerens, Jaap, Cees Glas, and Sally M. Thomas. 2006. Educational Evaluation, Assessment and Monitoring: A Systematic Approach. London: Taylor & Francis.
Squires, David A. 2005. Effective Schools and Classrooms: A Research-Based Perspective, Association for Supervision and Curriculum Development. Washington: Alexandria Publishing.
Sudjono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sulistiyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Suryadarma, Daniel, Asep Suryahadi, Sudarno Sumarto, and F Halsey Rogers. 2006. “Improving Student Performance in Public Primary Schools in Developing Countries: Evidence from Indonesia.” Education Economics 14(4): 401–29.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Konsep, Strategi Dan Implementasi. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Bin Tahir, Saidna Zulfiqar. 2017. “Multilingual Teaching and Learning at Pesantren Schools in Indonesia.” Asian EFL Journal 89: 74–94.
Virgana, Maman Hidayat, and Soeparlan Kasyadi. 2017. Evaluasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Setia.
Widyoko, S. Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martisnis, and Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zwell, Michael. 2000. Creating a Culture of Competence. New York: Willey & Son Inc.