Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Pendampingan
Main Article Content
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui pendampingan di Taman Kanak-Kanak (TK) Boh Hate Ma Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian meliputi; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru di TK Boh Hate Ma yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal persentase ketuntasan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran 12,5%. Pada siklus I terjadi peningkatan 40% sehingga menjadi 62,5%. Pada siklus II, ketuntasan kemampuan guru meningkat 25% sehingga menjadi 87,5%. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran dapat meningkat melalui pendampingan di TK Boh Hate Ma Kabupaten Aceh Besar.
Alfiani, L. N. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Ikhtiar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(1), 86–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.614
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Buckingham, D. (2007). Media Education Goes Digital: an Introduction. Learning, Media and Technology, 32(2), 111–119.
Buckingham, D. (2013). Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. John Wiley & Sons.
Christ, W. G. (2020). Media Education Assessment Handbook. Routledge.
Elliott, J. (1991). A Model of Professionalism and its Implications for Teacher Education. British Educational Research Journal, 17(4), 309–318.
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104.
Frau-Meigs, D., Kotilainen, S., Pathak-Shelat, M., Hoechsmann, M., & Poyntz, S. R. (2020). The Handbook of Media Education Research. Wiley Online Library.
Ghony, M. D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. UIN-Maliki Press.
Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran, Berdasarkan Pendekatan Sistem (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2019). Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Harjanto, D. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta” Jakarta.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141–148.
Huda, M., & Eng, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Kubey, R. (2018). Media Education: Portraits of an Evolving Field. In Media Literacy Around the World (pp. 1–11). Routledge.
Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Deepublish.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran.
Nasution, R. A., & Yus, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Perolehan Konsep Matematika pada Anak di TK Pembina Negeri 2 Binjai. TABULARASA, 12(1).
Oktarina, N. (2007). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan Unnes, 2(3), 61996.
Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 80–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.267
Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). Urgensi Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 147–157.
Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Prenada Media.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1–17.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Siregar, F. A. (2018). Produktivitas Penerapan Total Quality Management. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 74–91.
Sulastri, E. (2014). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran TIK Di Sekolah Dalam Era Globalisasi. Mentari: Majalah Ilmiah Universitas Muhammadiyah Aceh, 15(2).