Manajemen Kelas Unggulan di MTS Negeri 3 Pemalang
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kegiatan manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Kepala MTs Negeri 3 Pemalang, Waka Kurikulum, Waka Kepeserta didikan, guru kelas unggulan, dan peserta didik kelas unggulan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas unggulan MTs Negeri 3 Pemalang telah terimplementasikan dengan optimal ditandai dengan adanya perumusan tujuan kelas unggulan yang disusun oleh tim yang terdiri dari Kepala Madrasah, Dewan Guru beserta tutor kelas unggulan. Perumusan peraturan kelas unggulan dilakukan dengan matang dengan melibatkan unsur penting dimadrasah yakni kepala madrasah, semua guru, guru BK, dan komite. Pengembangan layanan belajar kelas unggulan ditandai dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan ditandai dengan adanya perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana dan solusi dalam mengatasi pengelolaan sarpras kelas unggulan. Pengembangan guru kelas unggulan ditandai dengan perekrutan, pembinaan dan pelatihan serta memberikan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan kompetensi gurukelas unggulan. Pengawasan manajemen kelas unggulan ditandai dengan adanya supervisi perangkat pembelajaran oleh Kepala Madrasah.
Emmer, E. T., & Evertson, C. M. (2016). Classroom Management for Middle and High School Teachers (What’s New in Ed Psych / Tests & Measurements). New Jersey: Pearson Education.
Fajri, N. S., & Wiyani, N. A. (2019). Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology. JMPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 107–118.
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Kalimedia, Yogyakarta.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. Sage.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mudasir. (2016). Manajemen Kelas (1st ed.). Pekan Baru: Zavana Publishing.
Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Deepublish.
Muliadi, E. (2011). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55–68.
Mulyadi, M. (2009). Classroom Management: Mewujudkan Suasana Kelas yang menyenangkan Bagi Siswa. UIN-Maliki Press.
Patimah. (2016). Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum. Al-Ibtida, 3, 148.
Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 80–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.267
Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.71-96
Rohmad, A. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. In ke-3. Jakarta: Teras.
Sadiyah, H., Shofawi, M. A., & Fatmawati, E. (2019). Manajemen Program Pendidikan Leadership untuk Siswa di Sekolah Alam Banyubelik Kedungbanteng Banyumas. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 251–270.
Sartika, D. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 1–15. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.557
Scheerens, J. (2008). Improving School Effectiveness. Retrieved from http://www.unesco.org/ iiep.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supaat. (2014). Model Kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 213.
Ulya, I. (2016). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Resolusi Konflik Agama di Indonesia. Fikrah, 4(1), 20–35.
Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Teras.
Wiyani, N. A. (2013a). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A. (2013b). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A. (2013c). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A. (2016). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 53–74.
Wiyani, N. A. (2017a). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 77–98.
Wiyani, N. A. (2017b). Pengembangan Program Kegiatan Pembiasaan Berbasis TQM di Raudhatul Athfal (RA). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Wiyani, N. A. (2018a). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. Assibyan UIN Banten, 3(1), 25–44.
Wiyani, N. A. (2018b). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A. (2019). Aktualisasi Prinsip Continuous Improvement dalam Kepemimpinan Responsif Kepala PAUD Islam Terpadu al-Ikhlas Bumiayu Brebes. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 83–100.