Strategi TASTAFI dalam Pembinaan Pendidikan Islam Masyarakat Aceh
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i1.1775Keywords:
TASTAFI, Pendidikan Islam, Masyarakat, StrategiAbstract
Penelitian ini berjudul strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive yaitu digali berdasarkan tujuan penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, maka hasil penelitian ini yaitu: Strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh dalam beberapa bentuk pengimplementasian, yaitu peran dalam pembinaan ilmu melalui pengajian, diskusi baik secara langsung maupun melalui media. Peran dalam pengembangan dakwah melalui majelis taklim. Peran dalam pembinaan amal shalih masyarakat. Peran pemberdayaan Ulama dayah dalam suatu wadah organisasi dakwah. Peran dalam pemberdayaan kepemimpinan melalui kegiatannya demi tegaknya syariat Islam. Peran dalam amar ma`ruf nahi munkar dan peran pembinaan ukhwah dengan dayah-dayah untuk bekerjasama dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh melalui organisasi TASTAFI.
References
Anwar Arifin, Strategi Komunikasi , (Jakarta: Rineka Cipta, 1984) h. 10
Anwar Kuta Krueng, Dayah dan Rabithah Thaliban dalam Catatan Aceh, Banda Aceh: Rabithah Thaliban Aceh, 2010.
Departemen Agama Republik Indonesia, Alquran dan Terjemahnya, (Bandung: Diponegoro, 2008), h. 775.
Hafi Anshari, Pemahaman dan Pengalaman Dakwah: Pedoman Untuk Mujahid Dakwah, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.
Hasil Observasi.
Hasil wawancara
http://harian.analisadaily.com/aceh/news/perkuat-syariat-islam-dengan-pengajian- tastafi/446069/2017/11/06.
Pekan Kebudajaan Atjeh II, Prospek Sosial Budaya, Langsa: Panitia Pekan Kebudajaan Aceh, 1972.
Taufik Abdullah (et. All), Agama dan Perubahan Sosial, cet. 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.