Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.2700Keywords:
Sekolah, Madrasah., Pengembangan Pendidikan Agama di PesantrenAbstract
Pendidikan Islam mencakup ajaran-ajaran Islam dan bidang-bidang studi yang terkait, dan dengan demikian tidak dapat didefinisikan secara sempit. Madrasah dan pesantren adalah lembaga pendidikan khusus yang menekankan pendidikan agama. Sangat penting untuk mengetahui bahwa lembaga-lembaga ini menekankan pada studi agama. Program yang ditawarkan di lembaga-lembaga tersebut biasanya dibagi ke dalam empat kategori yang berbeda-pendidikan agama, didikan tingkah laku dan pengalaman, didikan global serta keterampilan dan program belajar. Namun, sangat penting untuk mengharapkan lebih banyak dari program pendidikan Islam di sekolah-sekolah agama, tidak hanya dalam tujuan pendidikan agama, tetapi juga dalam hal pendidikan pengalaman. Di sekolah umum, kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) hanya terdiri dari satu mata pelajaran, yaitu kitab suci, sunnah, iman, moral (Akhlaq), hukum Islam (Fiqih), sejarah kebudayaan Islam (Tarikh), dan bahasaArab. Setiap sekolah memiliki kurikulum Pendidikan Agama Islam yang berbeda-beda, yang mencakup lima aspek berikut: Iman (Akhlaq), (Fiqh), dan ski. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di pesantren, madrasah, dan sekolah umum diharapkan dapat membuat anak-anak mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mematuhi perintah-perintah-Nya.
References
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Dawam and A. Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Yogyakarta: Lista Farista Putra, 2005.
Aly, Pendidikan Islam Mulltikulturalisme di Pesantren; Telaah Kurikulm Pondok Pesantren Islam Assalam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Bruinessen, Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing, 2012.
Ridwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pen-didikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ma’unah, Tradisi Intelektual Santri. Yogyakarta: Teras, 2009.
Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Majid and D. Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.