MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM UNGGULAN TERHADAP KOMPETENSI MUTU LULUSAN SDIT AZKIYA BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v1i2.1374Keywords:
Manajemen, , pengembangan program unggulan, , kompetensi mutu lulusanAbstract
Manajemen pengembangan program unggulan merupakan salah satu tugas kepala sekolah, tenaga pendidik dan tim pengembangan program unggulan dalam mengembangkan dan meningkatkan daya saing sehingga akan meningkatkan mutu lulusan SDIT Azkiya Bireuen itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan kompetensi mutu lulusan SDIT Azkiya dalam mengembangkan program unggulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian analisisnya dengan tehnik reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kepala sekolah beserta jajarannya dalam menyusun perencanaan telah mengadakan rapat kerja baik tahunan, semesteran sampai mingguan dalam menyukseskan perencanaan yang telah disepakati dalam setiap rapat, (2) pelaksanaan program unggulan ini juga sudah mendapatkan sasaran yang tepat sehingga anak-anak merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini, dan (3) kompetensi mutu lulusan SDIT Azkiya telah membuktikan bahwa siswa tamatan SDIT Azkiya mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggul lainnya yang ada diseputaran kota bireuen khususnya dan Aceh pada umumnya.
Kata kunci: manajemen, pengembangan program unggulan, kompetensi mutu lulusan
References
Abdul, M., & Dian, A. (2004). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, & Syukran, N. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: LaksBangPressIndo.
Andi, R. P. (2017). Manajemen Pendidikan. Makasar: 2017.
Dirjen Pendidikan Dasar, Kemendiknas dan Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag RI, Peningkatan Manajemen Melalui Penguatan Tata Kelola dan Akuntabilitas di Sekolah/Madrasah, (Jakarta: tp, 2011), hal. 3.
Imam, M., & H, N. H. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Prodi MPI FTK.
Mawati, Arin, T., & dkk. (2020). Inovasi Pendidikan Konsep. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Muhammad, F., & Sulistiyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Oemar, H. (20007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Reamaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sutratinah, T. (2000). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Bandung: Bina Aksara.
Syafruddin, N., & Basyiruddin, U. (2012). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Tim Dosen, A. P. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.