Analisis Pemanfaatan Konten Video Tiktok sebagai Media Pembentukan Karakter di Era Masa Kini

Authors

  • Khadijah Khadijah Razali Abdullah Pesantren Terpadu Almadinatuddiniyyah Syamsuddhuha Cot Murong, Dewantara, Aceh Utara
  • Susi Yusrianti IAIN Lhokseumawe
  • Al Husaini M. Daud IAIN Lhokseumawe
  • Fauzan IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.2418

Keywords:

Pembentukan Karakter, Konten Video TikTok

Abstract

Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan konten video TikTok sebagai media pembentukan karakter di era masa kini. Penelitian ini merupakan penelitain library research dengan menggunakan bacaan kepustakaan sebagai sumber data primer untuk mengumpulkan data. Adapun sebagai data sekunder sebagai media untuk mengumpulkan data yang menunjang penelitian ini adalah konten-konten video TikTok, buku bacaan, baik jurnal maupun artikel ilmiah lainnya. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah, semua media sosial pada dasarnya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Bagi pengguna dewasa tentu saja sudah bisa memfilter konten-konten bermanfaat yang dapat dikonsumsi setiap harinya. Namun jika mereka adalah pengguna dengan usia mudah bahkan remaja perlubimbingan agar dapat memilih serta memilah beberapa konten video TikTok yang dapat memberikan imbas positif terhadap pembentukan karakter dalam dirinya.

References

Abdul Kadir al-Jufri, (2009), Terjemah Ta’lim Mutaa’llim, Surabaya: Mutiara Ilmu.

Abdul Mukhid, (2020), Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an, Jurnal akrab Juara, 5 (4).

Armai Arief, (2002), Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers.

Demmy Deriyanto, (2018), Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7 (2).

Dhian Wahana Putra, (2019), Nilai Pendidikan Karakter Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 102-104 Pada Kurikulum Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)”, Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1).

Firgian Adisaputra, (2020), Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dengan Degradasi Karakter Siswa SD, Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, 2 (1).

H. E. Mulyasa, (2011), Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke-I.

Jamal Abd. Nasir, (2019), Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Guru dan Murid dalam Perspektif Kisah Musa Dan Khidir Dalam Surat al-Kahfi Ayat 60-82, Jurnal Nuansa, 15 (1).

Juwita Puspita Sari, dkk, (2020), Konsep Birrul Walidain Dan Implikasinya Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Telaah Surat Maryam Ayat 41-48 Menurut Al-Misbah”, Jurnal Raden PAI Fatah, 2 (1).

Miftahul Huda, (2009), al-Qur’an dalam Perspekif Etika dan Hukum, Yokyakarta: Teras.

Muhammad Suhaedi, (2016), Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif al-Qur’an Surat Lukman”, Tesis, Pada Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim, Malang.

Mulyasa, (2012), Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna Megawangi, (2007), Semua Berakar Pada Karakter; Isu-isu Permasalahan Bangsa, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ria Resti Fauziyah, (2021), Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Karakter Mahasiswa Pgmi Stai Al-Azhar Menganti Gresik, Jurnal Primary, 2 (1).

Windi Firgania, (2023), Analisis Penggunaan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Karakter Anak Kelas V Batang, Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (1).

Downloads

Published

2023-12-22