Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbentuk Rekaman (Audio Record) dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Siti Musyarofah UPTD SDN 4 Jeumpa

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.1899

Keywords:

Bahan Ajar, Audio Record, Pembelajaran PAI

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan mengenai pengembangan bahan ajar audio berbentuk rekaman (audio record) dalam pembelajaran PAI dengan berdasarkan analisis deskriptif, merujuk kepada buku-buku yang membahas mengenai media pembelajaran (bahan ajar) audio khususnya rekaman (audio record) serta buku-bukutentangprinsip-prinsippembelajaran dan ilmu komunikasi serta communication Quotient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar audio berbentuk rekaman sangat urgen diberlakukan dalam pembelajaran PAI sebab erat hubungannya dengan kompetensi mendengarkan dan gaya belajar auditori siswa sehingga dalam pembelajaran hal tersebut dapat dilaksanakan misalnya dengan membuat rekaman berbentuk cerita yang kemudian dapat dipergunakan guru agar siswa faham dengan materi yang akan disampaikan sehingga belajar lebih efektif dan efesien.

 

References

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Wali Pers, 2011.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran Ed. Revisi. Cet. 17, Jakarta: Raja wali Pers, 2014.

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media 2010.

Ely Lestari Pambayun, Qomunicqtion Quotient; Kecerdasan Komunikasi Dalam Pendekatan Emotional Dan Spiritual, Cet. 1, Rosda; Bandung, 2012.

Farida Ariani, dkk, Pembelajaran Mendengarkan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Ed. 2, Cet.14, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Hasrullah, Ragam Perspektif Ilmu Momunikasi, Jakarta: Kencana, 2013.

Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin, Dasar-Dasar Penyiaran sejarah, organisasi, operasional, dan regulasi, Ed. 2, Cet. 1 Kencana; Jakarta, 2013

Muhammad Yuami, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013, Ed. 2, Kencana; Jakarta, 2013.

Masyuri dan Zainuddin, Metodologi Penelitian Praktis dan Aplikati,f Bandung: Refika Aditama, 2009.

Sabitha Marican, Kaedah Penyelidikan Sains Sosial Malaysia Sdn. Bhd, 2005.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. 3, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Downloads

Published

2023-12-22

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.