Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbentuk Rekaman (Audio Record) dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i2.1899Keywords:
Bahan Ajar, Audio Record, Pembelajaran PAIAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan mengenai pengembangan bahan ajar audio berbentuk rekaman (audio record) dalam pembelajaran PAI dengan berdasarkan analisis deskriptif, merujuk kepada buku-buku yang membahas mengenai media pembelajaran (bahan ajar) audio khususnya rekaman (audio record) serta buku-bukutentangprinsip-prinsippembelajaran dan ilmu komunikasi serta communication Quotient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar audio berbentuk rekaman sangat urgen diberlakukan dalam pembelajaran PAI sebab erat hubungannya dengan kompetensi mendengarkan dan gaya belajar auditori siswa sehingga dalam pembelajaran hal tersebut dapat dilaksanakan misalnya dengan membuat rekaman berbentuk cerita yang kemudian dapat dipergunakan guru agar siswa faham dengan materi yang akan disampaikan sehingga belajar lebih efektif dan efesien.
References
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Wali Pers, 2011.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran Ed. Revisi. Cet. 17, Jakarta: Raja wali Pers, 2014.
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media 2010.
Ely Lestari Pambayun, Qomunicqtion Quotient; Kecerdasan Komunikasi Dalam Pendekatan Emotional Dan Spiritual, Cet. 1, Rosda; Bandung, 2012.
Farida Ariani, dkk, Pembelajaran Mendengarkan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Ed. 2, Cet.14, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Hasrullah, Ragam Perspektif Ilmu Momunikasi, Jakarta: Kencana, 2013.
Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin, Dasar-Dasar Penyiaran sejarah, organisasi, operasional, dan regulasi, Ed. 2, Cet. 1 Kencana; Jakarta, 2013
Muhammad Yuami, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013, Ed. 2, Kencana; Jakarta, 2013.
Masyuri dan Zainuddin, Metodologi Penelitian Praktis dan Aplikati,f Bandung: Refika Aditama, 2009.
Sabitha Marican, Kaedah Penyelidikan Sains Sosial Malaysia Sdn. Bhd, 2005.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. 3, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.