Pemahaman Guru dalam Penskoran Tes Bentuk Pilihan Ganda dan Uraian pada Pembelajaran PAI di MTsS Azzanjabil Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v3i1.2442Keywords:
pilihan ganda, uraian, Pembelajaran PAIAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru dalam penskoran tes bentuk pilihan ganda serta uraian pada pembelajaran PAI di MTsS Azzanjabil Bireuen. Metode yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru PAI di MTsS Azzanjabil Bireuen terhadap penskoran sudah sangat memadai dan objektif. Para guru sudah faham terhadap proses pemberian skor, baik skor dengan tes berbentuk pilihan ganda maupun berbentuk uraian. Hanya saja guru PAI kurang mengerti dengan bentuk-bentuk penskoran pilihan ganda. Sehingga, hanya menggunakan satu bentuk saja. Padahal apabila guru menggunakan beberapa teknik akan menambah keseriusan siswa dalam proses pembelajaran.
References
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: RemajaRosdakarya, 1989.
P. Guilford, Psychometrics Methods, New Delhi, Tata-McGraw Hill: 1982
Suharsimi Arikonto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Aneka Cipta, 2002.
Sumardi Suryabrata, Metode Penelitian, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2016.
Hardiansyah Haris, Wawancara, observasi, dan focus, groups. Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2013
Priyadi, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru: Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Rosdakarya, 2016.
Poerwandari, Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: FakultasPsikologi UI. Pudjijogyanti, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.