MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMPN 1 KOTA LHOKSEUMAWE
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v1i2.1371Keywords:
Manajemen Kepala Sekolah, Pembelajaran PAIAbstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat terus menerus memberikan dampak pada sisi pendidikan. Untuk menyajikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, seorang guru dituntut agar mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mutu pembelajaran PAI dan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lhokseumawe di era revolusi industri 4.0. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lhokseumawe dan bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0 di sekolah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif atau penelitian yang terbatas pada usaha mengungkap suatu masalah dan dalam keadaan apa adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara serta dokumentasi yang berlokasi di SMP Negeri 1 Kota Lhokseumawe,dimulai dari tanggal 1 s/d 21 Maret 2022. Data yang telah dikumpulkan dianalisa melalui validasi data, kategorisasi data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lhokseumawe sangat memuaskan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai ujian akhir semester peserta didik di atas nilai batas minimal. Hal tersebut merupakan hasil kesuksesan pembelajaran PAI yang menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif seiring berkembangnya zaman. Manajemen kepala sekolah SMP Negeri 1 Lhokseumawe terhadap mutu pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0 melalui penerapan pembelajaran berbasis literasi digital dengan mengupayakan dan mendorong guru PAI agar memaksimalkan pengguanaan teknologi sebagai sarana pendukung dalam proses pembelajaran PAI, seperti penggunaan aplikasi canva sebagai penyedia materi pembelajaran.
References
Agus Setiawan, Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 2014
Ahyat, Nur. "Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4.0, 2017
Budiman, H. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2017
Hanum, N. S, Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 2013
Joseph E Aoun, Robot-Proof: Higher Educationin the Age of Artificial Intelligence, Journal of Education for Teaching, 2018
Muhammad Hasbi Assiddiqi, Woro Sumarni. (2020). Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Prociding Seminar Nasional Pasca Sarjana, (Pp. 298-303).
M. Rifai, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. 2019
Pianda D, Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, CV. Jejak, 2018
Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.