Problematika Pembelajaran Daring Di Kelas IV SD Negeri Mentel I Gunungkidul
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri Mentel I Gunungkidul. Situasi dan kondisi saat pandemi Covid-19 menyebabkan ketidaksiapan guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring adalah 1) kurangnya sosialisasi pembelajaran daring kepada orang tua, 2) ketidaksesuaian tuntutan kurikulum dengan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19, 3) guru belum mengoptimalkan kemampuan mengembangkan dan memodifikasi media pembelajaran, 4) sulit melakukan penilaian sikap dan penilaian autentik, serta 5) kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru. Pembelajaran daring dapat berjalan secara efektif jika ada kerja sama dan komunikasi yang baik antara orang tua dan guru.
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas IV. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8 (1), 19-36.
Ayuni, Despa, dkk. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Fajrin, Laila, dkk. (2020). Pendidikan Ideal untuk Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia. Yogyakarta: Timur Barat.
Kuntarto, Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Putra, Setiatava Rizema. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Diva Press.
Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.
Setyanto, N. Ardi. (2014). Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Yanuar A. (2015). Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press.