Korelasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa
Main Article Content
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan/korelasi antara Program tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD SD Muhammadiyah 2 Langsa yang berjumlah 353 siswa. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 35 siswa atau 10% dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi skor hasil belajar matematika dan tahfidz Al-Qur’an. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah (positif) antara tahfidz Al-Qur’an dan hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa dengan korelasi sebesar 6,17. Sumbangan efektif tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 38,1% sedangkan 61,9% ditentukan oleh faktor lain.
Abdurrahim, A. (2020). Studi Korelasi Tahfidz Al- Qur’an dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga.
Ahmat Miftakul Huda, & Suyadi. (2020). Otak dan Akal dalam Kajian Al-Quran dan Neurosains. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 67–79. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.242
Creswell, J. W. (2013). Table of Contents PART I - Preliminary Considerations. Book, 270.
Ertanti, M. H. S. B. I. R. S. D. W. (2019). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.
Halili, M. (2013). PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM ( Kepala Madrasah sebagai School Leader ) Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura Muhammad Halili Pendidikan merupakan salah satu terma yang tidak pernah habis dan bangsa-bangsa yang tingkat pendidikannya lebih. Tadris, 8(2), 280–305.
Kusrinah, K. (2013). Pendidikan Pralahir: Meningkatkan Kecerdasan Anak Dengan Bacaan Al-Qur’an. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 8(2), 277. https://doi.org/10.21580/sa.v8i2.657
Qowim, A. N. (1970). Tafsir Tarbawi: Tinjauan Al-Quran Tentang Term Kecerdasan. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 114–136. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.10
Saihu. (2020). Peran Hafalan Alquran ( Juz ’ amma ) ( Studi tentang korelasi antara Menghafal Alquran dengan Hasil Belajar Alquran Hadis di SDIT Al-Musyarrofah Jakarta ). Kordinat, XIX(1), 53–74.
Zetra Hainul Putra, W. S. (2015). Hubungan Intelegensi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 68 Pekan Baru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 02(2), 1–18.