Strategi Guru dalam Penilaian Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Aceh Jaya

Authors

  • Nurmayuli Nurmayuli UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Risma Oktarina UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v2i1.1789

Keywords:

Strategi guru, penilaian prestasi belajar, peserta didik SLB

Abstract

Prestasi belajar sebagai tolak ukur dalam melihat perkembangan pembelajaran. Guru yang berperan dalam penilaian prestasi peserta didik. Bayak ragam peserta didik terkhusus pada anak berkebutuhan khusus yang memiliki tingkatan kesulitan belajar yang berbeda-beda, peserta didik mengalami kekurangan baik dari segi emosi, mental, sosial, kelaian fisik lainnya, serta potensi kecerdasan dan bakat istimewanya. Sehingga tujuan penelitin ini ialah mengetahui bagaimana stategi guru dalam penilaian prestasi belajar peserta didik di SLB Negeri Aceh Jaya. Metode penelitiandigunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu proposif sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan 3 orang guru. teknik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi non partisipan, wawancara semi tersturtur, dan dokumentasi. Data di analisis dengan model sirkuler nasution. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 ranah penilaian guru terhadap praestasi belajar yaitu  a) penilaian pengetahuan yang dilihat berdasarkan tes tertulis dan lisan. b) penilaian keterampilan yang dilihat berdasarkan keterampilan, kemampuan dan bakat minat yang dimiliki peserta didik. c) penilaian sikap yang dilihat berdasarkan keseharian, kepercayaan diri, keberanian dan sopan satun peserta didik.

References

Afda, M. A. (2023). Creative Student Day Program Management In Developing Student’s Talents Interests. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 59-72.

Afrilia, D. (2021, December). Strategi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Abdul Gafur. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Sidoajar : Mazamia Learning Center.

Adolf Bastian.(2022). Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah Di Era 5.0. Bandung : Media Sains Indonesia.

Ani, Y. (2013). Penilaian autentik dalam Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Implementasi Kurikulum (pp. 742-749).

Ari Sulistiyowati, Sofyan,(2019). Pengelolaan Peseta Didik (MPPKS-DIK), (Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan).

Azharuddin. (2020). Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru, JIHAFAS Vol. 3, No. 2, Desember .

Banbang Prasetyo,(2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Raja Grafindo Persada.

Ballerina, T. (2016). Meningkatkan rentang perhatian anak autis dalam pembelajaran pengenalan huruf. Journal of Disability Studies, 3(2), 245-266.

Bruzonsky Mark. (1981). Jabotinsky The Legend And Its Power, Israel Horizons, Volume 29, Nomer 2 Maret- April.

Budi Tri Cahyono. (2022). Student Ellbeing Dalam Seleksi Calon Kepala Sekolah. Tanggerang Selatan : Pascal Books.

Buna’I (2008). Penelitian Kualitatif. Pemekasan : STAIN Pemekasan Press.

Darmadi(2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Sekolah, Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Dewa Ketut Sukardi. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konsling Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta.

Dhewanto, W. (2013). Inovasi Dan Kewirausahaan Sosial. Bandung : Alfabeta.

Dimyati Dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Reneka Cipta.

E. Mulyasa. (2010). Menjadi Kepala Sekolah/Madrasah Profesional. Jakarta : Rosda.

Erin Bakti,Holidjah, (2013) Kompetensi Kepala Sekolah Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Fitriani, C. Z. H., & Ibrahim, S. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(2).

Fitri Nur Mahmudah, Zull Fadhil Adhim (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah Vol. 6 No 1.

Hamzah B Uno. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Handayani, T. (2021, August). Strategi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 1-12).

Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850-860.

Jamil Suprahatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruszz Media.

Jemmy Rumengan. (2010). Metode Penelitian Dengan SPSS. Batam : Uniba Press.

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 31-49.

Nurzannah. (2021). Penilaian Auntentik pada Pembelajaran Al-Quran, Medan : Umsu Press.

Nurmayuli, N. (2023). Development of an Islamic Education Management Philosophy e-Module through the Canva Application. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 97-108.

Nurmayuli, N., Patriza, M., & Ulandari, S. (2022, December). Strategi Supervisi Pendidikan Di Sekolah Dan Madrasah. In Proceedings: International Conference On Islamic Civilization (ICONIC) (Vol. 2, No. 2, pp. 34-42).

Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa dalam Pelajaran Bahasa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2).

Oki Dermawan. (2013). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB, Lampung : Institut Agama Islam Raden Intan.

Ridwan Abdullah Sani. (2016). Penilaian Autentik, Jakarta : Bumi Aksara.

Satori, Djam’an dan Komariah, A. (2020). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sirolastika, M., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2020). Analisis strategi penilaian hasil belajar siswa masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran tematik di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(9).

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. (2016). Profil penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39-55.

Yuli, N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Al Mabhats, 5(1), 77-103.

Downloads

Published

2023-06-26

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.