Number Mussels as a Medium for Learning to Count for 5 - 6 Years Old
Main Article Content
The ability to calculate is the effort to carry out calculations such as adding, subtracting and manipulating numbers and mathematical symbols. In addition, counting is an essential cognitive ability in human daily life. Various factors can influence a person's ability to count, including genetics, learning environment, and individual experience. Some people may have a natural tendency to understand mathematical concepts more easily, while others may require a different learning approach to master numeracy skills. The learning approach is carried out through various media, one of which is number shells. This research aims to determine the effectiveness of number shells as a medium for learning to count. Apart from that, number shells make children recognize basic colors and know the various sizes, namely small, medium and large. The method used is a qualitative method by collecting data on children using the number shell educational game tool. Data collection was carried out through observations at PAUD Hidayatul Mustafid. The data analysis technique was carried out using the Revised KKO Bloom which was developed into a research instrument. The research results show that taking into account children's abilities in critical, creative, collaborative and communicative thinking. In this game, children actively participate in answering the questions given. So it can be concluded that this educational game tool with number shells is effective as a medium for children in learning to count in preschool for ages 5-6 years.
Abstrak
Kemampuan berhitung adalah usaha melakukan, mengerjakan hitungan seperti penjumlahan, mengurangi, serta memanipulasi bilangan-bilangan dan lambang-lambang matematika. Selain itu, berhitung merupakan kemampuan kognitif esensial dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berbagai faktor dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam berhitung, termasuk faktor genetik, lingkungan belajar, dan pengalaman individu. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan alami untuk lebih mudah memahami konsep matematika, sementara yang lain mungkin memerlukan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk menguasai keterampilan berhitung. Pendekatan pembelajaran dilakukan melalui berbagai media, salah satunya yaitu kerang angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kerang angka sebagai media belajar berhitung. Selain itu, kerang angka membuat anak mengenali warna dasar dan mengetahui berbagai ukuran yaitu kecil, sedang, dan besar. Metode yang digunakan yaitu melalui metode kualitatif dengan mengumpulkan hasil data anak dalam menggunakan alat permainan edukatif kerang angka. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi di PAUD Hidayatul Mustafid. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan KKO Bloom Revisi yang dikembangkan menjadi instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memperhitungkan kemampuan anak dalam berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Pada permainan ini, anak berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif kerang angka ini efektif sebagai media anak dalam pembelajaran berhitung di paud untuk usia 5-6 tahun.
Authary, N. (2016). Number sense anak usia dini: suatu investigasi pada aritmetika tahap awal. 1(2), 4.
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research. Deepublish, Yogyakarta, ISBN 978-602-401-549-7.
KEMENDIKBUD. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 146 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. simpuh.kemenag.go.id, 3-68. Retrieved from simpuh.kemenag.go.id.
Miftahul Jannah, K. Z. (2021). PENGARUH FAKTOR GENETIK PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 53-63.
Nuraina, N., Sari, D. D., Yusra, Y., & Yasmin, A. (2023). Development of "hand magic" educational media to introduce the concept of numbers for young learners. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 17-32. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v6i2.6978
Widjayatri, R. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Jurnal Cakrawala, 1(1), 6-8.