Analisis Data Scopus:Pembelajaran Sains untuk Anak Pra Sekolah Berdasarkan Aplikasi Bibliometrik
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pembelajaran sains untuk anak usia dini atau anak pra sekolah dengan mengambil database scopus dengan mengolah metadata menggunakan aplikasi bibliometrik selama rentang 5 tahun terakhir yaitu mulai tahun 2019 hingga 2023. Tujuan analisis bibliometric digunakan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan selama 5 tahun terakhir terkait pembelajaran sains untuk anak prasekolah. Secara khusus dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sains untuk anak prasekolah dari tahun 2019 sampai tahun 2023, jurnal utama, penulis, afiliasi, negara dan dokumen di bidang pendidikan anak usia dini, topik trend terkait dengan penerapan pembelajaran sains untuk anak prasekolah, klasifikasi serta topik pembelajaran sains. Adapun pengumpulan data pada artikel ini dengan 4 cara yaitu: 1) sumber data diperoleh dari jurnal yang berindeks scopus; 2) metadata jurnal yang didapatkan kemudian didownload dalam format CSV; 3) memeriksa hasil artikel dan mengambil sesuai dengan kebutuhan penelitian;4) mengolah ddata yang didapatkan menggunakan aplikasi bibliometrik. Data dikumpulkan dengan kata kunci “science learning education”. Penulis mennggunakan software biblioshiny untuk menganalisi serta memvisualisasikan database yang sudah diperoleh. Hasil kajian bibliometrik terhadap relevansi science,learning and children berbasis scopus publikasi 2019-2023 menunjukkan bahwa pembelajaran sains pada anak prasekolah sangat direkomendasikan untuk tujuan agar anak lebih memahami pembelajaran secara konkret melalui kegiatan eksperimen dan eksplorasi yang dilakukan pada kegiatan sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis sitasi menunjukkan jumlah kutipan per tahun dari tahun 2019-2023 yaitu 809 dokumen.
Ahmad Izzuddin. (2019). Sains dan pembelajarannya pada anak usia dini. 1(1), 94–108.
Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.2
Dewi, I. S., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Analisis Bibliometrik Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM pada Tahun 2011-2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 368. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3904
Haryani, C. S., & Sudin, A. (2020). Analisis Bibliometrik Tren Publikasi dan Tingkat Kolaborasi pada Model Situation-Based Learning (2010-2019). Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 131–140.
Hesmi Aria Yanti. (2021). Pengolahan data sederhana meggunakan R studio. 1.
Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780
Jannah, M., Hakiman, & Ramadhan, S. (2022). Bibliometric Analysis of Islamic Education Research Development in Scopus International Database Publications 2018-2022. SHAHIH-Journal of Islamicate Multidisciplinary, 7(2).
KEMENDIKBUD, D. P. (2020). Bermain Sains. Bermain Sains, 1–27.
Machmuda, A., Burhanudin, M. A., Ahman, E., & Mulyadi, H. (2022). Teaching Factory In Vocational Highschool : Bibliometric Analysis. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 63–71. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.42385
Manajemen, J., & Cimaung, R. A. A. (2023). A n a z h i m. 5, 231–246.
Merdan, Y. E., & Etiz, P. (2022). A Scopus-Based Bibliometric Analysis of Global Tuberculosis Publications : 1849-2020. Turk Thorac, 23(3), 246–256. https://doi.org/10.5152/TurkThoracJ.2022.21284
Nurfauzan, M. iqbal, & Faizatunnisa, H. (2021). Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Covid-19 di Indonesia Pada Bidang Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis Strategi, 30(2), 90–100. https://doi.org/10.14710/jbs.30.2.90-100
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 43–55.
Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. Marine Research in Indonesia, 25(4), 63–68.
Saepudin, A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV(2), 213–226.
Sarvina, Y. (2017). Pemanfaatan Software Open Source “R” Untuk Penelitian Agroklimat. Informatika Pertanian, 26(1), 23. https://doi.org/10.21082/ip.v26n1.2017.p23-30
Thriska Afifandasari,Suluri, S. ramadhan. (n.d.). A n a z h i m. 5, 517–535.
Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.413
Usman, A. G., Saleh, L. M. I., Negeri, M., Mangkurat, L., Kalimantan, P., & Usman, A. G. (n.d.). Proses Pembelajaran di PAUD. 1–10.
Wanda Saputri Machmud, Etty Nurbayani, S. R. (2023). Analisis Bibliometrik kemampuan berpikir kritis menggunakan R Package. 11, 45–68. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8582
Widodo Setiyo Wibowo, E. H. (2018). IMPLEMENTASI KETRAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA. 1–4.