Pengaruh Kegiatan Menganyam Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Islam Bhakti Sabar Tamara Kayu Agung Tahun 2021
Main Article Content
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kegiatan Menganyam Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Bhakti Sabar Tamara Kayu Agung Tahun 2021”. Adapun yang menjadi permasalahan peneliti ini adalah pengaruh kegiatan menganyam kertas terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bhakti Sabar Tamara kayu Agung tahun 2021, dikarnakan metode yang dilakukan guru masih banyak membantu anak saat pembelajaran sehingga membuat anak tidak bisa mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran, salah satunya pada saat melakukan kegiatan menulis, meroce, menggunting, dan menempel sehingga membuat anak lebih banyak mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan menganyam kertas terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bhakti Sabar Tamara kayu Agung tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain One Group Pre test-Post test (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran dengan kegiatan menganyam kertas, observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalampenelitian ini diperoleh thitung = 3,5354 sedangkan dk = 15 + 15 – 2 =28 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel = 1.7011 karena thitung = 3,5354 > ttabel = 1.7011 maka kesimpulannya Ho di tolak artinya ada pengaruh kegiatan menganyam kertas terhadap kemampuan motorik halus anak Usia 5-6 tahun di TK Islam Bhakti Sabar Tamara Kayu Agung Tahun 2021.
Anggita, Febriana And Lydia Ersta Kusumaningtyas. 2018. Peningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun. Jurnal Audi Vol,2 No.2.
Asrul, Muhammad. 2017. Proses Pembuatan Gamacca dari Bahan Bambu di Dusun Wea Desa Taroang Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Diss. Universitas Negeri Makassar.
Ayunda.2014. Permainan Sederhana Untuk Melatih Motorik Halus Anak PAUD, Jakarta: Edukasi Kompas
Christianti, M. 2007. Anak dan Bermain. Jurnal Club Prodi PGTK UNY, 1, 3-4.
Daryanto. 2009. Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Desmariani, Evi.2020. Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini. Padang: pustaka galeri mandiri
Dewi, N. P. I. R., Suarni, N. K., & Agung, A. A. G. 2014. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Tk Margarana. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Dewi, Ni Kadek Ari Ratna, I. Made Suara, and Siti Zulaikha. 2014. Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkret Kegiatan Menganyam Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Kumara Jaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2.1
Faisal Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Febriana, Anggita, and Lydia Ersta Kusumaningtyas.2018. Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok b usia 5-6 tahun. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD.
Gunarti, Winda dkk,2010. Metode pengembangan perilaku dan kemampuan Dasar Anak Usia Dini. jakarta : Universitas Terbuka
Hajar Pamadhi. 2014. Seni Ketarampilan Anak. Jakarta: universitas terbuka
Hajar, Pamadhi, Sukardi Evan, and M. Azizah. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Heni, Meila Sari.2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Menggunakan Origami Pada Kelompok B2 Tk Pinang Masak Muaro Jambi. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Menggunakan Origami Pada Kelompok B2 Tk Pinang Masak Muaro Jambi
Ismail, Fajri. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Palembang:Karya sukses Mandiri
Jhon W Santrock. 2002. Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup. Erlangga: Jakarta.
khadijah dan Nurul Amelia.2020. Perkembangan fisik motorik Anak Usia Dini. Jakarta: kencana.
Khasanah ,Ismatul, Agung Prasetyo, and Ella Rakmawati. 2011. Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini .Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Vol,1
khodijah dan Nurul Amelia. 2020. Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jakarta: kencana.
Lolita indraswari. Peningkatan perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan Mozaik Di taman kanak-kanak Pembina Agam”Jurnal Pesona PAUD Vol. No. 1. No.1
Maghfiroh, L. S. 2018. Pengaruh Keterampilan Dasar Menganyam Enceng Gondok Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan. PAUD Teratai, 7(1).
Moleong, Lexi J. 2017. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Mulyono, Abdurrahman,. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Oktavia, Nuraeni. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Daun Pisang Pada Anak Kelompok B Tk Kklkmd Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Diss. PG PAUD.
Pamadhi, H. 2008. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD. Jakarta: Kemendikbud
Purnamasari, Ni Kadek Novia, I. Gusti Agung Oka Negara, S. Pd M. Ke, And I. Made Suara. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol,2 No. 1
Putu. Riasi, I. Gede Raga, and I. Made Suarjana. 2013. Penerapan Metode Group Investigation Melalui Kegiatan Keterampilan Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Bhakti Kumara Kalisada. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol,1.No.1.
Rahmawati, Dian. 2020. Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita. Diss. Universitas Jambi.
Retno Purwaning, Kusumastuti. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menganyam Melalui Metode Demonstrasi Di TK Pertiwi 1 Canden, Sambi, Boyolali Tahun 2012. PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ridwan Abdullah Sani. 2016. Penilaian Autentik. (Jakarta: Bumi Aksara)
Rohendi arep dan Laurens seba. 2017. Perkembangan motorik. Bandung : Alfabert
Saputra, Wahyu Nanda Eka, And Indah Setianingrum.2016. Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompokbermain Cendekia Kids School Madiun Dan Implikasinya Pada Layanan Konseling. Jurnal Care (Children Advisory Research And Education) Vol,3 No.2
Sudijono, Anas. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Sugiyono, Prof. 2011. Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. (Alpabeta: Bandung )
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Sukerti, Ni Made, Gede Raga, and I. Nyoman Murda. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Daun Pisang Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol,1 No.1
Sumanto, Sumanto, Muhana Gipayana, and Rumidjan Rumidjan. 2017. Kerajinan Tangan Di Blitar Sebagai Sumber Belajar Seni Budaya Dan Prakarya (Sbdp) Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 24.2
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group
UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 1
Wiratna Sujarweni. 2014. Pengembanga kreativitas Anak Berbakat, (Ed.1), Jakarta: Bumi Cipta